PEKANBARU - Hari ini, Selasa (9/8/2022) Provinsi Riau memasuki usia yang ke-65 tahun, dan di hari jadinya ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau mengusung tema 'Bersama Riau Lebih Baik'.

Ketua DPRD Kota Pekanbaru, Muhammad Sabarudi berharap diusia yang sekarang ini Pemprov Riau tetap konsisten dalam mengoptimalisasikan pelayanan kepada masyarakat.

"Provinsi Riau yang semakin bertambah umurnya ini tentu semakin dewasa, semakin kuat dan semakin bermanfaat bagi masyarakat," kata Sabarudi, Selasa (9/8/2022).

Politisi PKS ini juga menuturkan demi kelancaran roda pemerintahan, pelayanan terhadap masyarakat akan menjadi lebih baik. Karena sebagai pejabat publik harus mengutamakan dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Pada prinsipnya pemerintah ini kan melayani masyarakat, karena kita melayani ini tentu harus dimaksimalkan dan ditingkatkan sehingga masyarakat betul-betul bisa merasakan bertambahnya usia ini yang semakin mematangkan pelayanan kepada publik," terangnya.

Untuk melakukan pelayanan tidak cukup hanya dengan kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah saja, dari itu politisi PKS ini menghimbau agar masyarakat bisa bekerjasama untuk mendukung dan menguatkan roda pemerintahan.

Sabarudi juga menuturkan program-program kerja pemerintah tidak bisa berjalan dengan baik tanpa adanya dukungan dan kerjasama dari semua elemen masyarakat.

"Tidak cukup hanya dengan kebijakan pemerintah saja, tapi harus disupport masyarakat. Salah satunya, tidak membuang sampah sembarangan, tidak menggangu aliran-aliran anak sungai atau drainase yang mana pada prinsipnya itu harus dikuatkan supaya persoalan banjir bisa dituntaskan. Karena sampah dan banjir itu saling terkait, kalau sampahnya banyak maka otomatis terjadinya banjir," jelasnya.

Selanjutnya bertepatan di hari jadi Provinsi Riau ini, Sabarudi juga berharap sinergitas antara Pemprov Riau dan juga Pemko Pekanbaru dapat semakin erat. Terutama dalam sisi bantuan anggaran mengatasi permasalahan yang ada di Kota Pekanbaru sebagai Ibukota Provinsi Riau.

"Karena apa yang ada di Kota Pekanbaru ini ada juga kewenangan Provinsi Riau. Dan apa yang menjadi milik Provinsi, juga dibantu oleh Kota. Misalnya jalan dan aliran anak sungai itu tidak semuanya milik kota, disitu ada kewenangan provinsi," ucapnya. ***