PEKANBARU – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau tetap akan melaksanakan pelaksanaan Hari Ulang Tahun ke 65 Provinsi Riau, pada tanggal 9 Agustus 2022. Sebagaimana yang lazim diperingati oleh seluruh masyarakat Riau, setelah 65 tahun. Walaupun saat ini adanya informasi tentang HUT Riau jatuh pada tanggal 31 Juli sesuai dengan UU Nomor 61 Tahun 1958.

“Kalau kita menyikapi usia Provinsi Riau saat ini sudah mencapai 65 tahun. Dan disesuaikan dengan tanggal 9 Agustus yang setiap tahunnya diperingati, sampai saat ini tahun 2022 diusia 65 tahun tetap di tanggal 9 Agustus,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Riau, Raja Yoserizal Zein, Rabu (03/8/2022) di Pekanbaru.

Dijelaskan Yose, memang ada beberapa tokoh yang mengatakan sesuai dengan UU Nomor 61 Tahun 1958, namun ada juga tokoh yang menjelaskan tanggal 9 Agustus 1957. Karena pada tanggal 9 Agustus 1957 itulah Presiden Soekarno di Denpasar Bali meneken Undang-Undang Darurat tentang Pembentukan Daerah-Daerah Swatantra Tingkat I Sumatera Barat, Jambi dan Riau, dan kemudian UU tersebut diberi nomor 19 Tahun 1957.

“Sama dengan sebuah karya, kalau tidak ada yang respon tidak akan dikenal. Nah sekarang baru dipolemikkan, kita kembali ketahun 1957 di mana Provinsi Riau ini masuk dalam tiga Provinsi, di antaranya Jambi, Sumbar dan Riau disatukan menjadi Satu. Undang-undang Provinsi Riau juga pernah dibahas di Sumbar. Intinya sampai saat ini kita masih memperingatinya setiap tanggal 9 Agustus, tidak pernah di tanggal dan bulan lain,” jelas Yose.

Sementara itu Ketua Umum Forum Komunikasi Pemuka Masyarakat Riau (FKPMR), Chaidir, dalam tulisannya menjelaskan, sesungguhnya tak perlu gaduh dengan hari jadi Provinsi Riau. Bacalah Peraturan Daerah Provinsi Daerah Tingkat I Riau Nomor 11 Tahun 1999 tentang Penetapan Hari Jadi Provinsi Daerah Tingkat I Riau.

Sampai sekarang Perda tersebut masih berlaku, belum diubah dan rasanya tak ada alasan untuk mengubahnya, kecuali ada catatan sejarah berbeda dan valid, atau ada keinginan terselubung ingin menulis ulang sejarah. Jejak sejarah lahirnya Provinsi Daerah Tingkat I Riau belum lagi terlalu jauh, mudah dilacak. Dan dokumen sejarah perjuangan pembentukan Provinsi Riau itu pun sangat banyak di arsip dan pustaka kita. Jangan melupakan sejarah. ***