PEKANBARU – 441 Jemaah Haji asal Kota Pekanbaru sudah kembali dan sampai di Embarkasi Haji Antara (EHA) Provinsi Riau pada Rabu (3/8/2022) dini hari tadi.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kita Pekanbaru, Muhammad Jamil mengatakan, para jemaah yang sampai sudah menjalani tes antigen dan ditemukan 9 orang diantaranya reaktif. Sementara itu, seorang jemaah dikabarkan meninggal dunia saat berada di tanah suci dan telah dimakamkan di sana.

"Jemaah sudah pulang 441 orang, sebenarnya ada 442 orang, tetapi seorang jemaah meninggal karena sakit di tanah suci dan dimakamkan disana," ujarnya.

"Jemaah yang sudah sampai kita tes antigen, dan ada yang reaktif. Tadi langsung ditangani oleh Puskesmas masing-masing. Jadi tadi saya juga meminta agar Dinas Kesehatan ikut memantau untuk penanganannya," jelasnya.

Ia menjelaskan, penanganan kepada jemaah yang reaktif akan menjalani tes swab kembali. Jika jemaah positif Covid-19, mereka akan segera dirawat di rumah sakit.

"Kepada semua jemaah yang sudah bisa pulang, merekakan lelah, dari malam kemarin mereka sudah siap-siap kembali ke tanah air. Makanya setelah sampai di tanah air harus banyak-banyak istirahat agar pulih kembali tenaga yang terkuras saat melakukan ibadah haji," jelasnya.

Jamil merasa bersyukur bahwa para jemaah yang telah tiba dalam keadaan yang sehat. Menurutnya, para jemaah juga sudah kembali kerumah dengan dijemput keluarganya pada pagi hari tadi.

"Alhamdulillah semua sudah kembali ke rumah masing-masing dan dijemput oleh keluarganya. Masih ada jemaah asal Pekanbaru yang belum tiba, mereka dalam Kloter lainnya," pungkasnya. ***