PEKANBARU - Hujan tidak tak kunjung turun di Bumi Lancang Kuning, Provinsi Riau, disebabkan kekaburan udara akibat kabut asap kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Sehingga membuat sinar matahari tidak masuk maksimal, dampaknya tidak terjadi penguapan yang menyebabkan hujan.

Melihat kondisi tersebut, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menginstruksikan bupati dan walikota se Provinsi Riau melaksanakan salat istisqa serentak Hari Selasa, 24 September 2019, pukul 07.30 WIB.

"Tempat pelaksanaan salat istisqa ini dipusatkan di ibukota masing-masing kabupaten dan kota, sampai ke kecematan, kelurahan dan desa," kata Pj Sekdaprov Riau, Ahmad Syah Harrofie kepada GoRiau.com, Minggu (22/9/2019).

Pada pelaksanaannya, Ahmad Syah meminta kepada bupati dan walikota, serta camat untum berkoordinasi dengan Kakan Kemenag dan Ketua MUI yang ada di kabupaten dan kota.

"Mari kita instropeksi diri, dengan meminta ampunan kepada Allah SWT. Meminta hujan turun di Riau dan kabut asap hilang. Kita juga meminta, agar karhutla tidak ada lagi dan tak terulang tahun yang akan datang," ungkap Ahmad Syah. ***