PANGKALAN KERINCI, GORIAU.COM - Jika tak ada aral melintang, dalam waktu dekat, program Pelalawan Terang yang notabene adalah salah satu program unggulan Rencana pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) pasangan Bupati Pelalawan HM Harris dengan Wabup Pelalawan Drs H Marwan Ibrahim akan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, sehingga Pelalawan tidak akan mengalami krisis Listrik seperti yang dirasakan sebelumnya.

Hal ini teungkap dari hasil peninjauan Bupati Harris beserta sejumlah pejabat pemerintah pada Rabu petang (20/2/2013) di lokasi PLTG. Dari hasil peninjauan itu, tampak terlihat lima (5) unit mesin PLG yang memiliki kapasitas 15 Mega Watt sudah terpasang di posisinya, dan saat ini para pekerja terlihat sedang sibuk menyiapkan rumah mesinnya.

"Ya kita sudah lihat sendiri, saat ini sudah 5 mesin terpasang untuk tahap awalnya. Kelima mesin ini seluruhnya memiliki kapasitas 15 Mega Watt sehingga dengan kapasitas ini nantinya akan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Pelalawan. Saat ini, para pekerja sedang mempersiapkan rumah mesinnya dan kemungkinan akhir bulan ini sudah selesai," terang Bupati Pelalawan HM Harris pada sejumlah media di sela-sela peninjauannya melihat pembangunan PLTG, Rabu (20/2/2013). 

Harris mengatakan bahwa saat ini pihaknya sedang mengurus masalah Gas yang akan menjadi bahan baku pembangkit. Dan kalau tidak ada halangan maka kemungkinan masalah Gas sudah bisa disepakati pada bulan Maret. Begitu juga dengan pemasangan Instalasi jaringan Listriknya yang sempat tertunda akibat banjir yang melanda di sejumlah daerah di Pelalawan beberapa bulan lalu.

"Insya Allah, Maret nanti semuanya sudah selesai semuanya baik itu masalah bahan bakar Gas untuk sumber energi mesin Pembangkit Listriknya. Begitu juga dengan masalah Jaringan instalasi Listriknya yang saat ini masih tahap pengerjaan, semoga saja ini semua bisa selesai tepat waktu sehingga April mendatang PLTG kita sudah bisa di Launching dan sudah bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Pelalawan," bebernya optimis.

Terkait jumlah mesin pembangkit yang saat ini hanya berjumlah lima unit, dan mampu memasok daya listrik sebesar 15 Mega Watt, Bupati Harris menerangkan bahwa mesin pembangkit ini untuk ke depannya bakal akan ditambah lagi sebanyak 5 unit. Sehingga total mesin yang akan dioperasikan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Gas Sebanyak 10 Unit dengan jumlah daya yang dihasilkan sebesar 30 Mega Watt.

"Semoga saja semuanya ini bisa terwujud sesuai harapan kita semua, apa yang dulunya kita pikir tidak mungkin saat ini sudah menjadi kenyataan. Saya berharap dengan terpenuhinya pasokan listrik kemasyarakat nantinya, dapat memberikan dampak positif bagi peningkatan ekonomi keluarga mereka masing-masing," harapnya.(ilm)