PANGKALAN KERINCI, GORIAU.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pelalawan menerima bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat berupa peralatan dalam rangka menguatkan kelembagaan BPBD di daerah ini. Bantuan dari BNPB dengan total nominal mencapai Rp778.306.215 ini berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Nasional (APBN) tahun 2012 lalu.

"Alhamdulillah, tahun ini kita mendapatkan bantuan peralatan-peralatan untuk memaksimalkan bantuan bagi masyarakat yang terkena bencana dari BNPB Pusat," terang Kepala BPBD Kabupaten Pelalawan, Raja Alkaf SH MH pada sejumlah media di Pangkalan Kerinci, Rabu (20/2).

Raja Alkap yang didampingi Kasie Kedaruratan BPBD Kabupaten Pelalawan, Sumarno SP, mengatakan bahwa bantuan dari BNPB ini tiba di daerah ini pada hari Minggu lalu (17/2), yang kesemuanya dalam kondisi baik. Ada empat item bantuan yang diberikan oleh BNPB Pusat pada daerah ini yakni item pertama kendaraan, hunian, alat komunikasi dan peralatan-peralatan lainnya.

"Untuk bantuan kendaraan diantaranya berupa perahu karet ukuran delapan (8) orang sebanyak 1 unit beserta mesinnya dengan kapasitas 18 PK. Kemudian untuk item hunian diantaranya tenda posko sebanyak satu (1) set, tenda pengungsi tiga (3) set, lampu penerangan solar atau solar cell sebanyak lima (5) unit, tenda keluarga sebanyak dua belas (12) unit, solar handle lamp sebanyak dua belas (12) unit dan velbed sebanyak dua puluh lima (25) unit," terangnya.

Untuk bantuan alat komunikasi, sambungnya, BNPB memberikan bantuan berupa Handel Talkie (HT) sebanyak dua (2) unit, RIG satu (1) unit dan SSB satu (1) unit. Sedangkan bantuan lainnya untuk memaksimalkan pertolongan pada masyarakat yang terkena bencana diantaranya berupa lampu senter HID Search Light sebanyak satu (1) unit, genset 10 KVA satu (1) unit dan Water Treatment Portable sebanyak satu (1) set. (ilm)