PEKANBARU - Kasus Covid-19 di Provinsi Riau kembali naik, seiring bertambahnya jumlah siswa SMP IT Abdurrab Pekanbaru yang terkonfirmasi Covid-19. Yang terbaru dari hasil tracing, pada Sabtu (27/11/2021), tercatat ada penambahan 59 kasus. Sehingga totalnya di sekolah tersebut terdapat 113 siswa positif Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir mengatakan, penambahan kasus positif di sekolah SMP IT Abdurrab tersebut setelah dilakukannya pemeriksaan terhadap seluruh siswa yang berada di asrama.

“Setelah dilakukan pemeriksaan bertambah 59 siswa lagi yang positif, total 113 siswa yang terkonfirmasi positif. Siswa yang positif sudah diisolasi di asrama dan dipisah dengan siswa yang negatif. Jadi yang negatif diisolasi dahulu selama lima hari di asrama mereka, setelah itu baru bisa dipulangkan,” jelas Mimi.

“Semua siswa yang positif Covid-19 tidak bergejala. Jadi saat dilakukan pemeriksaan rutin terdeteksi siswa yang positif. Mereka semua sudah divaksin dua kali, mudah-mudahan tidak ada yang parah, karena sudah divaksin,” jelas Mimi lagi.

Dikatakan Mimi, darimana masuknya siswa terkonfirmasi positif tersebut diperkirakan dari orang luar, atau guru yang keluar masuk asrama. Sehingga saat berada di luar tertular Covid-19, dan menularkan ke siswa.

“Bisa saja dari guru yang tidak diasrama, dan keluar masuk. Atau dari orang luar yang masuk ke asrama. Jadi inilah yang harus diantidipasi bagi sekolah yang boarding school, mewaspadi orang yang keluar masuk ke sekolah, termasuk gurunya," jelasnya.

"Bisa saja guru yang tidak di asrama imunnya kuat, dan tidak terdeteksi virusnya. Tapi bagi siswa dan guru yang ada didalam asrama imunnya rendah, jadi yang kena yang berada didalam,” kata Mimi. ***