PEKANBARU - Gubernur Riau, Syamsuar yang juga Ketua DPD I Partai Golkar Riau berdasar hasil riset internal partai Golkar menjadi Ketua DPD I Partai Golkar Terpopuler se-Indonesia untuk periode November 2022. Namanya tampak dominan dan sulit disaingi oleh Ketua DPD I Partai Golkar dari provinsi lain.

Tidak mengherankan namanya keluar sebagai juara untuk periode November 2022. Di Provinsi Riau, Partai Golkar juga selalu menjadi yang terfavorit pada setiap Pemilu. Riau merupakan salah satu basis suara Partai Golkar di wilayah Sumatera.

Seperti pada periode sebelumnya, kategori terpopuler yang kami gunakan adalah berdasar kuantitas pemberitaan. Hanya ada sedikit tambahan sebagai input lain, yakni reach atau jangkauan pemberitaan. Jangkauan pemberitaan ini bukan berarti banyaknya pembaca, tetapi asumsi banyaknya orang yang melihat jika link disebar di berbagai platform media sosial.

Untuk Syamsuar, ia memiliki total 1.656 pemberitaan pada berbagai media online selama periode bulan November 2022. Reach atau yang dijangkau dari pemberitaan yang dimiliki Syamsuar adalah sebesar 9,7 juta jangkauan.

Berita Syamsuar didominasi oleh kinerjanya Ketua Nasdem Riau Edy Natar yang menelepon dirinya untuk meminta izin terkait acara Anies Baswedan di Riau. Kemudian pemberitaan mengenai kerjasama antara Gubernur Syamsuar dengan Safarrudin Datuk Bandaro Rajo, Bupati Limapuluh Kota.

Ada juga apresiasi yang diterima oleh Syamsuar dari Wamendesa PDTT terkait pembangunan desa di Riau. Lalu aktivitas Gubernur Riau Syamsuar dalam peresmian jalur jalan baru di Pekanbaru serta saran Gubri Syamsuar terkait masakan Bugis yang bisa jadi ide bisnis kuliner.

Selanjutnya Ketua DPD 1 Partai Golkar Terpopuler berdasar hasil riset Golkarpedia.com adalah Arinal Djunaidi, Gubernur Lampung yang juga Ketua DPD I Partai Golkar Lampung. Arinal Djunaidi memiliki pemberitaan sebanyak 1.013 berita yang tersebar pada berbagai media online. Reach yang dicapai dari pemberitaan mengenai Arinal Djunaidi adalah sebesar 1,8 juta jangkauan.

Pemberitaan Arinal juga serupa Syamsuar, ia banyak disorot atas kinerja dan pernyataannya sebagai kepala daerah. Beberapa pemberitaan di antaranya adalah, aktivitas Gubernur Arinal Djunaidi saat meresmikan peluncuran Bansos tunai penanganan dampak inflasi daerah 2022.

Lalu pemberitaan mengenai permintaan Arinal Djunaidi terhadap Baznas Lampung dalam fokusnya merubah taraf ekonomi masyarakat. Kemudian pelepasan ekspor perikanan Provinsi Lampung yang dilakukan oleh Arinal Djunaidi, dan terakhir peresmian layanan eksekutif dan fasilitas pelayanan kesehatan RSUD Abdul Moeloek oleh Arinal Djunaidi.

Selanjutnya, yang sebelumnya sempat berada di posisi satu, dan kini ada di posisi ketiga ada nama Gubernur Kalimantan Selatan yang juga Ketua DPD I Partai Golkar Kalsel, Sahbirin Noor. Pria yang akrab disapa Paman Birin ini memiliki 579 pemberitaan sepanjang November 2022. Reach yang dicapai oleh Sahbirin Noor mencapai 3,8 juta jangkauan.

Pemberitaan mengenai Sahbirin Noor didominasi oleh kehadiran Paman Birin dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2022, lalu penerapan kebijakan integrasi sawit-sapi yang dilakukan Sahbirin Noor, dan penghargaan yang diraih Sahbirin Noor dari Kemen-LHK pada hari menanam pohon.

Posisi keempat diisi oleh nama Bupati Tangerang yang juga menjabat sebagai Ketua DPD I Partai Golkar DKI Jakarta, Ahmed Zaki Iskandar. Untuk periode November 2022, Zaki Iskandar memiliki pemberitaan sebanyak 578 pemberitaan. Jangkauan yang ditimbulkan dari pemberitaan mengenai Musa Rajekshah adalah sebesar 3,6 juta reach.

Di urutan kelima ada nama Ketua DPD I Partai Golkar Sumatera Utara, Musa Rajekshah. Pria yang juga menjabat sebagai Wakil Gubernur Sumut ini memiliki berita sebanyak 308 pemberitaan dengan pencapaian reach sebesar 1,4 juta jangkauan.

Posisi keenam diisi oleh nama Bupati Serang yang juga menjabat sebagai Ketua DPD I Partai Golkar Banten, Ratu Tatu Chasanah. Ratu Tatu Chasanah untuk periode November 2022 memiliki 305 pemberitaan, baik yang tersebar di media online lokal ataupun nasional. Reach yang dimunculkan dari berita mengenai Ratu Tatu Chasanah adalah sebesar 1,2 juta jangkauan.

Sarmuji Ketua DPD I Partai Golkar Jawa Timur menempati posisi ketujuh. Wakil Ketua Komisi VI DPR RI ini memiliki pemberitaan sebanyak 300 berita. Capaian reach dari berita mengenai Sarmuji adalah sebesar 2,5 juta jangkauan.

Ketua DPD I Partai Golkar Sulawesi Selatan, Taufan Pawe menempati posisi delapan untuk kategori pemberitaan terbanyak yang menjadikannya salah satu Ketua DPD I Partai Golkar Terpopuler di Indonesia. Taufan Pawe memiliki 279 berita dan capaian reach atau jangkauan sebanyak 1,3 juta reach.

Posisi sembilan diisi oleh nama Ketua DPD I Partai Golkar Jabar, Ace Hasan Syadzily. Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI ini memiliki pemberitaan sebanyak 272 berita dan capaian reach sebesar 3,2 juta jangkauan.

Hal menarik terjadi di posisi kesepuluh atau terakhir, posisi ini sekarang diisi oleh nama baru, yakni Bobby Adhityo Rizaldi. Bobby Rizaldi sebagai pendatang baru memiliki 220 pemberitaan untuk bulan November 2022. Reach yang dicapai Bobby Rizaldi dengan beritanya cukup besar yakni 3,02 juta jangkauan.

Demikian 10 besar Ketua DPD I Partai Golkar Terpopuler untuk periode bulan November 2022. Ada pergeseran, ada yang terlempar dari 10 besar, ada pula nama baru yang masuk. Hal ini mafhum adanya, hanya saja posisi tiga besar tampaknya belum ada perubahan yang signifikan.

Semoga temuan kami ini menjadi pelecut semangat bagi seluruh DPD I Partai Golkar se-Indonesia agar lebih masif lagi mengabarkan mengenai kinerja baik sebagai Ketua DPD Partai Golkar ataupun peran lainnya di pemerintahan.

Berikut merupakan daftar lengkapnya:

1. Syamsuar
Ketua DPD I Partai Golkar Riau
1.656 pemberitaan
Reach: 9,7 juta jangkauan

2. Arinal Djunaidi
Ketua DPD I Partai Golkar Lampung
1.013 pemberitaan
Reach: 1,8 juta jangkauan

3. Sahbirin Noor
Ketua DPD I Partai Golkar Kalsel
579 pemberitaan
Reach: 3,8 juta jangkauan

Baca Juga: Airlangga Hartarto Jadi Capres Pilihan Musra Relawan Jokowi, Ungguli Ganjar dan Prabowo

4. Ahmed Zaki Iskandar
Ketua DPD I Partai Golkar DKI Jakarta
578 pemberitaan
Reach: 3,6 juta jangkauan

5. Musa Rajekshah
Ketua DPD I Partai Golkar Sumut
308 pemberitaan
Reach: 1,4 juta jangkauan

6. Ratu Tatu Chasanah
Ketua DPD I Partai Golkar Banten
305 pemberitaan
Reach: 1,2 juta jangkauan

7. Sarmuji
Ketua DPD I Partai Golkar Jatim
300 pemberitaan
Reach: 2,5 juta jangkauan

Baca Juga: Adam Rusydi Minta Kader Golkar Sidoarjo Bantu Pemkab Turut Aktif Perangi Gangster

8. Taufan Pawe
Ketua DPD I Partai Golkar Sulsel
279 pemberitaan
Reach: 1,3 juta jangkauan

9. Ace Hasan Syadzily
Ketua DPD I Partai Golkar Jabar
272 pemberitaan
Reach: 3,2 juta jangkauan

10. Bobby Adhityo Rizaldi
Ketua DPD I Partai Golkar Sumsel
220 pemberitaan
Reach: 3,02 juta jangkauan. ***