JAKARTA - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,8 yang mengguncang Sukabumi, Jawa Barat terasa hingga Jakarta. Sejumlah pekerja kantoran pun berhamburan keluar ruangan. Salah satu pekerja swasta Nisa mengatakan beberapa pekerja tampak keluar dari menara Bank Mega, Jakarta Selatan.

Saat gempa pertama, pekerja yang keluar area gedung masih sedikit. Ketika gempa susulan terasa, jumlah pekerja yang berhamburan ke keluar gedung semakin banyak. "Ini ada depan Bank Mega, mereka berhamburan. Pas gempa pertama masih dikit, terus yang kedua jadi makin banyak," kata Nisa, Kamis (8/12/2022).

Hal yang sama juga terjadi di Graha Pertamina. Para pekerja tampak berduyun-duyun berhamburan keluar dari gedung perkantoran. Mereka kemudian bertahan di depan gedung.

Sementara itu, Nasta yang tengah berada di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan juga merasakan getaran gempa. Ia melihat salah satu pekerja pengadilan yang berada di lantai dua teriak ketika gampa mengguncang.

Nasta merasakan getaran gempa selama dua detik. Guncangan yang ia rasakan cukup kencang. "Tadi melihat orang di lantai dua teria gempa. Terus aku ngomong eh gempa gempa. Cuma bentar ngerasanya, cuma sua detik tapi kenceng," ujar Nasta.

Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,8 mengguncang wilayah Sukabumi. Getaran gempa terasa hingga ke wilayah Depok dan Jakarta. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan gempa terjadi pada Kamis (8/12) sekitar pukul 07.50 WIB. Pusat gempa berada di kedalaman 104 Kilometer.

Sebelumnya pada 21 November lalu gempa berkekuatan magnitudo 5,6 mengguncang Cianjur. Gempa darat itu banyak menimbulkan korban jiwa, korban luka, dan bangunan hancur. Setelah gempa Cianjur, terjadi beberapa kali gempa susulan di sekitar titik yang sama serta di beberapa daerah di Jawa Barat hingga Jawa Timur.***