SELATPANJANG – Sudah menjadi tradisi masyarakat Dusun Kamter, Desa Renak Dungun, Kecamatan Pulau Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau melaksanakan kunjungan sekampung saat lebaran, tepatnya pada hari raya kedua Idul Fitri 1443 H, Selasa (3/5/2022).

Terlihat di lapangan, kunjungan yang diawali dari rumah salah seorang Imam Masjid Istiqomah Desa Renak Dungun, Ahmad dimulai sekira pukul 08.00 WIB. Rombongan kunjungan hanya istirahat Salat Dzuhur di Masjid Istiqomah, baru kemudian dilanjutkan lagi hingga berakhir sekira pukul 17.00 WIB.

GoRiau Rombongan kunjungan saat menya
Rombongan kunjungan saat menyantap hidangan yang telah disediakan salah satu rumah, Selasa (3/5/2022).

Kunjungan dari rumah ke rumah itu diisi dengan pembacaan doa selamat, tuan rumah juga telah menyiapkan hidangan berupa ketupat beserta lauk pauk ayam maupun daging dan sejumlah kue-kue lainnya serta minuman kaleng dengan berbagai jenis.

Rombongan menyambangi setiap rumah tanpa terkecuali bagi rumah yang kecil. Bagi rumah yang kecil rombongan kunjungan hanya mewakili sejumlah peserta rombongan yang masuk terutama untuk pembacaan doa, sementara peserta yang lain menunggu di luar rumah dengan mengamini doa.

GoRiau Foto bersama usai kunjungan se
Foto bersama usai kunjungan sekampung yang dilaksanakan pada Selasa (3/5/2022).
Rombongan juga tidak berlama-lama, usai pembacaan doa dilanjutkan dengan salam-salaman dan dilanjutkan dengan kunjungan ke rumah yang lainnya, begitulah seterusnya hingga berakhirnya kunjungan.

Salah seorang tokoh masyarakat Dusun Kamter, Desa Renak Dungun, Amirudin mengaku bahwa kegiatan kunjungan sekampung tersebut dilaksanakan setiap tahun.

"Masyarakat Dusun Kamter, Desa Renak Dungun khususnya jamaah Masjid Istiqomah sangat antusias melaksanakan kunjungan ini, walau pun kami telah kehilangan seorang tokoh masyarakat yakni almarhum, M Yusup. Semoga arwah ditempatkan di syurganya Allah SWT, Aamiin," ucap laki-laki yang akrab disapa Pak Long.

Pak Long juga berharap kegiatan kunjungan tersebut bisa terus berlanjut hingga ke tahun-tahun yang akan datang, karena selain saling bermaaf-maafan secara langsung juga akan semakin mempererat hubungan silaturahim antar sesama khususnya masyarakat Dusun Kamter, Desa Renak Dungun.

"Mudah-mudah tahun depan kegiatan kunjungan ini bisa dilaksanakan lagi hingga ke tahun-tahun yang akan datang. Minal aidin walfaizin mohon maaf lahir dan batin," pungkasnya berharap.***