BANGKINANG - Event Kampar International Dragon Boat Festival resmi dimulai, hari ini, Kamis (18/7/2019) besok di Danau Rusa, Kelurahan Batubersurat, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau.

Pendayung-pendayung dari 12 negara siap berlaga dan bersaing menjadi yang terbaik.

Hingga Rabu (17/7/2019), 10 negara selain Indonesia telah tiba di Negeri Serambi Mekkah Riau. Sebelas negara ini adalah Australia, Kenya, Kanada, Amerika Serikat, Singapura, Malaysia, China, Taiwan, Hongkong dan Filiphina. Event ini digelar hingga Ahad (21/7/2019).

Ketua Panitia IDBF 2019 Letkol Infanteri Aidil Amin yang juga Ketua Pengurus Kabupaten Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Kampar kepada wartawan mengatakan, acara pembukaan akan dimulai pukul 08.00 WIB, Kamis (18/7/2019).

Ads
Menurut rencana acara ini akan dihadiri tiga orang menteri yaitu Menteri Pariwisata RI Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Menteri PUPR selaku Ketua Umum Pengurus Besar PODSI dan Gubernur Riau.

Acara pembukaan akan diramaikan dengan atraksi ski air dan ceremony pelepasan race.

Dari pantauan, berbagai persiapan terus dikebut panitia. Antusias masyarakat telah tampak di Danau Rusa.

Pada Rabu (17/7/2019) malam Pemerintah Kabupaten Kampar menggelar acara welcome party menyambut kedatangan 11 negara peserta di Aula Rumah Dinas Bupati Kampar. Tak jauh dari rumah dinas, yakni di Taman Kota Bangkinang di saat bersamaan juga digelar kegiatan Pagelaran Seni Budaya dalam rangka meramaikan event akbar ini.

Selain itu panitia juga menggelar technical meeting di Aula Kantor Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kampar.

Bersempena event Kampar International Dragon Boat Festival juga digelar berbagai event diantaranya Pagelaran Seni Budaya, Rabu (17/7/2019) malam di Taman Kota Bangkinang, Seminar Internasional dan Pameran Benda Sejarah, Sabtu (20/7/2019) di Rumah Dinas Bupati Kampar, Festival Kuliner 18-20 Juli 2019 di Taman Kota Bangkinang dan Pameran Seni Rupa dan Benda Melayu Tua, 17-20 Juli 2019 di Rumah Dinas Bupati Kampar. ***