SIAK - Pelaksanaan pawai Mushabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke XVII Kabupaten Siak yang dibuka oleh Bupati Siak, Syamsuar berjalan sukses. Sebanyak 7 ribuan peserta pawai dari 14 Kecamatan se Kabupaten Siak melintasi panggung utama di depan Istana Siak.

Tidak hanya arak-arakan peserta pawai saja yang dapat disaksikan oleh undangan dan tamu di panggung utama tersebut. Tetapi berbagai atraksi juga ditampilkan oleh peserta pawai masing-masing Kecamatan, mulai dari yang menghibur hingga atraksi yang membuat penonton tegang.

Seperti penampilan cerita rakyat asal muasal Danau Naga Sakti dari Kecamatan Pusako, selanjutnya atraksi berani dari Kecamatan Bungaraya, anggota IKS PI Kera Sakti yang dilindas sepeda motor tanpa mengalami cedera sedikit pun serta lompat harimau di lingkaran api.

Selain itu juga, setiap Kecamatan mengusung tema yang menonjolkan program dan keunggulan dari masing-masing kecamatan, sehingga menjadikan momentum musabaqah tilawatil quran ini sebagai ajang memperkokoh agama islam melalui seni baca al-quran, mempererat silaturahmi dengan mengedepankan budaya melayu yang identik dengan islam.

Seluruh Pimpinan OPD di lingkup kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Siak, serta pejabat terkait lainya juga turut hadir pada kesempatan itu. Lambaian tangan dan pancaran senyum bahagia dilepaskan para pejabat yang hadir kepada seluruh peserta pawai, menjadi momen menyenangkan bagi masyarakat dan para peserta pawai saat itu.

Meski cuaca sangat panas, peserta pawai pun tak surut dari barisan sehingga masyarakat yang menonton juga antusias melihat arak-arakan pawai tersebut yang juga banyak kendaraan hias atau replika kendaraan yang dipakai masyarakat Siak zaman dahulu.

Adapun rutenya mulai dari depan Istana Siak lalu peserta berbelok ke kiri Jalan Sultan Ismail Kampung Dalam, menuju Jalan Indragiri Kampung Rempak lalu peserta berjalan terus belok kiri depan gedung LAMR Jalan Panglima Jimbam dan terus menuju ke depan pintu gerbang Masjid Sultan Syarif Khasim.

Rangkaian acara MTQ Siak ini dilanjutkan dengan pembukaaan stand bazar MTQ ke -17 tingkat kabupaten siak yang direncanakan akan di buka langsung oleh Wakil Bupati Siak Drs H Alfedri Msi di lokasi astaka utama komplek Mesjid SSH Islamic Center Siak.***