JAKARTA - Status Gunung Anak Krakatau masih Waspada level 2. Sesuai rekomendasi PVMBG Daerah berbahaya adalah di dalam radius 2 km di puncak kawah.

Untuk itu Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), mengimbau warga untuk tidak keluar rumah. Namun jika mendesak disarankan memakai masker.

"Untuk warga khususnya di kawasan Cilegon dan Serang, diimbau agar mengurangi aktivitas di luar rumah," ujar Kepala Pusat Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho melalui pesan Whatsapp kepada GoNews.co, Rabu (26/12/2018) malam.

"Kalau bisa tetap berada di dalam rumah. Jika berada di luar rumah sebaiknya memakai masker agar tidak mengganggu pernapasan dan pakai kacamata agar tidak kelilipan di mata," timpalnya.

Saat ini kata Sutopo, angin dominan ke arah barat daya sehingga abu vulkanik erupsi Gunung Anak Krakatau dominan ke arah barat daya.

Namun demikian pada ketinggian tertentu angin ada yang ke arah timur sehingga membawa material erupsi Gunung Anak Krakatau.

"Di Cilegon dan sebagian Serang terjadi hujan abu dan pasir tipis. Abu terlihat di permukaan mobil yang diparkir dan permukaan tanah," pungkasnya.***