KENDARI - Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais, bersama salah seorang Calon Ketua Umum (Caketum) PAN, Mulfachri Harahap sudah tiba di Kendari, Sabtu (8/2/2020) Malam. Mereka hadir bersama rombongan menggunakan tiga pesawat carteran.

Setiba di bandara Halu Oleo Kendari, Amien Rais langsung disambut oleh Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa dan Wakil Bupati Konawe sekaligus Ketua DPD PAN Konawe, Gusli Topan Sabara. Kedatangan Mulfachri Harahap juga memboyong 298 Voters dari 355 Vouters yang sudah menyatakan dukunganya dari total 590 voters pemilik suara sah.

Sebelum berangkat ke Kendari, Mulfachri terlebih dahulu menggelar Konsolidasi akhir di Surabaya dan dilanjut dengan mendaftarkan diri sebagai Caketum PAN di DPP PAN Jakarta. Dalam prosesnya, Mulfachri mengatakan, dari 355 dukungan, yang menghadiri acara konsolidasi pemenangan Mulfachri-Hanafi DPW dan DPD Se-Indonesia di Surabaya, setidaknya dihadiri oleh 298 voters.

“50 voters berhalangan hadir. Sebelum ini kami tidak pernah mengungkap ke publik tentang jumlah dukungan. Sekarang adalah pertama kalinya secara resmi kami mengungkap jumlah dukungan sekaligus kehadiran mereka di sini. Dan alhamdulillah sampai hari ini ada 298 DPD PAN yang hadir. Itu dukungan konkret,” kata Mulfachri yang disambut tepukan dari pemilih yang hadir di Surabaya, Sabtu (08/2/2020).

Menurutnya, jumlah itu masih akan terus bertambah. Sebab, masih banyak pemilik suara yang berhalangan hadir. “Insya Allah dukungan sudan mencapai 355 suara,” kata Mulfachri dihadapan didampingi Ketua Dewan Kehormatan PAN, Amien Rais dan Hanafi Rais.

Dia berharap, Kongres PAN di Kendari pada 10-12 Februari 2020 berjalan damai dan lancar. Sehingga tidak menimbulkan masalah di kemudian hari. “Kalau ada riak-riak kecil itu wajar. Namanya juga sebuah pesta besar. Tapi yang paling penting, tidak merusak pesta itu,” katanya.

Sementara itu, Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais meminta Mulfachri merangkul seluruh kader PAN bila memenangkan kontentasi. Menurutnya, dengan hanya mendapat 7 persen suara nasional di pemilu 2019, tidak boleh ada perpecahan di internal PAN.

"Kemudian saya sampaikan juga kepada semua caketum PAN bahwa jangan pernah membawa unsur luar dari PAN. Jadi mari kita bertanding secara elegan, transparan, jujur. Kalau menang takdir Allah SWT, dan kalau kalah juga takdir ilahi,” katanya memberi pesan.

Sementara itu, Koordinator Bidang Media Kongres ke-V PAN, Sabaruddin Labamba menuturkan, para peserta Kongres PAN terus berdatangan. Dan jika tak ada aral melintang, Senin (9/2) pagi, Zulkifli Hasan (Zulhas) bersama tim akan bertolak dari Makassar menuju Kendari.

Pak Zulhas yang juga Ketum PAN didampingi Sekjen PAN Eddy Soeparno, Yandri Susanto, Anggota DPR RI Pangeran Khairul Saleh dan Bendum PAN Nasrullah akan hadir bersama tiga pesawat carter,” ungkap Sabaruddin Labamba, Minggu (9/2).***