BAGANSIAPIAPI - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar bersama Tim Gugus Tugas Penanganan (GTP) Covid-19 Riau mengunjungi Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) terkait persiapan pelaksanaan New Normal Covid-19 di daerah tersebut.

Gubri Syamsuar mengatakan sesuai arahan dan keputusan dari pemerintah pusat yang menetapkan enam daerah di Provinsi Riau sebagai daerah yang menerapkan New Normal Covid-19.

"Saat ini kita meninjau pelaksanaan persiapan New Normal di Rohil dan menjelaskan apa itu New Normal? Supaya nantinya tidak ada kesalahpahaman Tim GTP Kabupaten dengan masyarakat," ungkapnya saat memberikan arahan kepada GTP Covid-19 Kabupaten Rohil, Sabtu (30/05/2020).

Lanjutnya, selaku Ketua Tim GTP Covid-19 Provinsi Riau mengatakan dengan masih nihilnya angka kasus positif Covid-19 di Rohil, ia merasa bangga serta harus meningkatkan kewaspadaan agar Rohil bisa mempertahankan hal ini.

"Kami merasa bangga kepada Rohil yang saat ini masih mempertahankan angka nol pada kasus positif Covid-19. Namun, hal ini jangan sampai membuat kewaspadaan kita melemah, apalagi Rohil berbatasan dengan Provinsi Sumatera Utara, tetap waspada dan terus menjalankan protokol kesehatan," ujarnya.

Bupati Rohil Suyatno mengungkapkan bahwa kondisi terakhir di Rohil yang masih tetap menjadi zona hijau Covid-19 dikarenakan Rohil secara bersama-sama dengan masyarakat tetap patuh menjalankan protokol kesehatan.

"Sifat saling bekerjasama dalam menerapkan patuh akan protokol kesehatan Covid-19 ini lah yang kita tegaskan, dan hal ini lah yang menjadikan kami berhasil," katanya.

Suyatno mengatakan walaupun Rohil saat ini berstatus zona hijau, tidak menjadikan hal ini mengurangi kewaspadaan akan Covid-19.

"Mentang-mentang kami zona hijau tak menjadikan kami seenaknya, tetap harus ada kerja sama dengan masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan," pungkasnya. (mcr)