PEKANBARU - Gubernur Riau Drs Syamsuar MSi dalam audiensi dengan STIE Tazkia, Rabu (27/3/2019) mengatakan, betapa pentingnya melakukan gerakan investasi Sumber Daya Manusia (SDM), disamping investasi lainnya secara bisnis. Investasi sdm dinilai penting untuk Provinsi Riau yang akan datang dan Indonesia secara menyeluruh.

Diungkapkan Syamsuar, dalam investasi sumber daya manusia ini, tidak boleh sayang dengan uang. Karena, dengan mempersiapkan sumber daya manusia yang berdaya saing akan membawa kemajuan daerah itu sendiri.

"Contohnya, kenapa Malaysia bisa maju dan berkembang, karena dulunya mereka (Malaysia) secara terus menerus dan berkelanjutan mengirim pelajar, termasuk dosen dan guru untuk belajar di Indonesia dan negara lainnya. Akhirnya sekarang kita lihat saja sendiri seperti apa kemajuannya," kata Syamsuar dikutip GoRiau.com.

Menurut Syamsuar, tidak ada ruginya Pemerintah Provinsi Riau mengirim pelajar, dosen dan guru ke luar negeri untuk belajar melalui beasiswa. Contohnya, belum lama ini ada pengusaha dari Jepang yang mau investasi di Riau. Yang membawa investor tersebut merupakan orang Riau asal Kabupaten Kuansing. Dulunya pernah diberikan beasiswa semasa Gubernur Riau Saleh Djasit.

"Sekarang anak ini sudah jadi pengusaha di Jepang dan memimpin salah satu perusahaan besar di Jepang. Anak ini sudah 11 tahun tinggal di Jepang. Anak ini yang membawa investor dari Jepang ke Riau. Jadi tidak ada ruginya, jika kita menyekolahkan anak ke luar negeri. Setelah berhasil kembangkan ilmunya di negeri sendiri," ungkap Syamsuar.

Hal-hal yang menyangkut dengan pendidikan tidak ada ruginya, tegas Syamsuar. Karena ini investasi masa depan. Bukan investasi yang nantinya main-main. Memang harus benar-benar sumber daya manusia yang unggul dan berprestasi yang harus diberikan kesempatan ke luar negeri.

"Setelah berhasil mengambil ilmunya, lulus dengan hasil terbaik, pulang lagi ke Riau. Terapkanlah ilmu tersebut dan kondisi yang ada di Riau. Sehingga daerah kita ini akan semakin maju dan berkembang," jelas Syamsuar.

Bagi Syamsuar, investasi aumber daya manusia melalui beasiswa ini, bisa melalui Pemerintah Daerah, BAZNas dan CSR perusahaan. Tentunya, dàlemberikan beasiswa ini harus tepat sasaran dan sesuai dengan kondisi di daerah seperti apa.

"Mari bersama-sama membangun investasi sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing. Sehingga mampu membuat kemajuan yang pesat di Riau. Hal ini sedang dipersiapkan rancangannya seperti apa," tegas Syamsuar. ***