PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengimbau kepada seluruh pimpinan paguyuban dari berbagai suku yang ada di Provinsi Riau untuk dapat memberikan sosialisasi terkait larangan mudik di Provinsi Riau.

"Kami menghimbau kiranya juga kepada pimpinan paguyuban yang ada di Riau dari berbagai suku agar melarang mudik pada saudara kita yang akan mudik," kata Gubernur Syamsuar saat press conference di Gedung Daerah Balai Pauh Janggi, Sabtu (01/05/2021).

Ia menerangkan saat ini kasus Covid 19 di Provinsi Riau mengalami peningkatan, untuk itu perlu dilakukan pengetatan - pengetatan area di perbatasan. Ia mengungkapkan hal ini sebagai upaya bersama untuk melindungi rakyat Provinsi Riau.

"Karena melindungi masyarakat dari Covid 19 ini merupakan bagian tugas dari negara," ucapnya.

Selanjutnya, ia juga meminta masyarakat Provinsi Riau untuk dapat mendukung dari kebijakan yang telah ditetapkan oleh pemerintah daerah baik provinsi maupun kabupaten dan kota di Riau untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

Lebih lanjut, kasus Covid 19 yang meningkat di Riau saat ini membuat kapasitas beberapa Rumah Sakit (RS) yang ada di Riau sudah ada yang mencapai 63 persen. Dan ia mengungkapkan hal ini belum pernah terjadi ini sebelumnya di Provinsi Riau.

"Untuk itu, kami berharap partispasi dan kesadaran masyarakat Riau untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah," harapnya. adv