PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar beserta keluarga melaksanakan salat Idul Adha di Balai Pelangi, rumah dinas Gubernur Riau di Jalan Petala Bumi, Kota Pekanbaru, Selasa (20/07/2021).

Adapun khatib dalam salat Idul Adha ini, yakni Ustaz H Sofwan Muhajir dan H Ramli Husein sebagai imam.

Walaupun dilaksanakan di rumah dinas, pelaksanaan salat Idul Adha yang juga diikuti oleh sejumlah petugas di rumah dinas ini dilaksanakan dengan prokes yang ketat.

"Ini tahun kedua kami tak pulang kampung dan salat Idul Adha bersama pak Gubri, tapi suasana kekeluargaan tetap kami rasakan. Samo keluarga di kampung jugo video call," ucap seorang petugas bernama Ridho yang berasal dari Rokan Hilir.

Setelah salat Idul Adha, Gubernur Riau menyerahkan hewan kurbannya kepada panitia penyembelihan, bertempat di Jalan Petala Bumi. Di sana, Syamsuar juga menyaksikan penyembelihan kurban.

Pada kesempatan itu, Gubernur Riau berpesan agar pelaksanaan kurban dilakukan dengan protokol kesehatan kepada panitia.

"Selamat melaksanakan kurban, tetap patuhi prokes Covid-19, seperti sediakan tempat cuci tangan, selalu gunakan masker, tidak hadir dahulu bila ada gejala flu dan demam agar pelaksanaan kurban tidak menjadi klaster penyebaran Covid-19," pesan Syamsuar.

Lebih lanjut Gubernur Riau mengatakan, kunci untuk mengakhiri pandemi ini adalah adalah kerjasama, kerjasama dari berbagai elemen masyarakat, TNI/Polri dan pemerintah.

"Mari kita sama-sama patuhi protokol kesehatan, mari sama-sama kita vaksin di tempat yang telah disediakan dengan tetap mematuhi aturan mencuci tangan, memakai masker dan hindari kerumunan. Bila semua elemen kompak, insyaAllah segala kerja keras kita ini diridhoi oleh Allah SWT dan cobaan pandemi ini segera diangkat dari muka bumi ini," tutup Syamsuar yang saat menyaksikan kurban didampingi oleh ketiga putranya, Muhammad Andri, Muhammad Rizky dan Muhammad Zikri. ***