PEKANBARU - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengikuti takbir akbar virtual Hari Raya Idul Adha 1442 H/2021 M, yang digelar oleh Kementerian Agama (Kemenag) RI. Acara ini diikuti Gubri secara virtual dari rumah dinasnya, Senin (19/7/2021) malam.

Dalam takbir akbar ini, diantaranya dihadiri langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi), Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin, Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas serta organisasi masyarakat dan undangan lainnya secara virtual.

Pada kesempatan tersebut, Jokowi menyampaikan peringatan Hari Raya Idul Adha tahun ini diperingati secara sederhana dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Namun tidak mengurangi kekhidmatan rasa syukur untuk peringatan Hari Raya Idul Adha ini.

"Walau diperingati secara sederhana namun tidak mengurangi kekhidmatan rasa puji dan syukur kepada Allah SWT," ujarnya.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi mengatakan Hari Raya Idul Adha mengandung pesan-pesan mulia, pesan pengorbanan dan kemanusiaan, pesan universal yang tetap aktual dan patut menjadi pegangan saat bangsa negeri tengah menghadapi pandemi seperti sekarang ini.

"Nabi Ibrahim AS telah mewariskan keteladanan mengingatkan betapa pentingnya keimanan dan ketakwaan, ikhlas berkorban tanpa keraguan demi menjalankan perintah Allah SWT," lanjutnya.

Menurutnya, Hari Raya Idul Adha ini juga merupakan momentum menguatkan solidaritas dalam semangat persaudaraan/ukhuwah islamiah, ukhuwah wathaniyah dan ukhuwah insaniah untuk menghimpun kekuatan optimis untuk bangkit.

"Kita optimalkan ikhtiar lahiriah dan ikhtiar batiniah, kita berikhtiar bersama dengan disiplin mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, mengisolasi diri bagi yang bergejala dan memberikan bantuan untuk sesama," ujarnya.

Selain itu, Jokowi juga mengajak kepada masyarakat momentum takbir akbar Hari Raya Idul Adha 1442 H ini sama-sama untuk senantiasa berdoa dan menggemakan takbir di rumah masing-masing, dan ikhtiar bersama agar virus Corona ini segera berlalu.

"Mari kita berdoa dan bertakbir di rumah masing-masing, bersama-sama (kita) berdoa dan berikhtiar agar pandemi segera berlalu," harapnya. ***