TOKYO – Indonesia kembali mengirimkan satu wakilnya ke perempatfinal cabang bulutangkis Olimpiade Tokyo 2020. Kali ini, giliran pasangan ganda putri, Greysia Polii/Apriyani Rahayu yang memastikannya setelah meraih kemenangan kedua dalam babak penyisihan Grup A di Musashino Forest Plaza, Senin (26/7/2021).

Greysia/Apriyani menundukkan ganda Inggris Raya Chloe Birch/Lauren Smith dua game langsung, 21-11 21-13, dalam waktu 42 menit. Dengan kemenangan ini, ganda putri peringkat enam dunia ini selalu menang dalam lima pertemuan dengan pasangan Birch/Smith.

Greysia mengatakan mengolah pikiran sebelum pertandingan menjadi hal penting agar bisa mendapatkan hasil yang baik di atas lapangan.

“Kami berdua punya mindset untuk bisa tampil setiap hari sesuai dengan apa yang kami inginkan dan pikirkan. Pasti setiap kali main maunya menang, mau yang terbaik. Tapi sebelum bisa menang, kami mau persiapan yang lebih baik sehingga ada proses menuju kemenangan. Itu saja. Jadi tidak berpikir terlalu banyak,” ujar atlet putri yang sudah tiga kali tampil di Olimpiade ini.

Greysia/Apriyani akan menghadapi lawan berat yaitu andalan tuan rumah, pasangan Yuki Fukushima/Sayaka Hirota, yang juga merupakan peringkat pertama dunia. Dalam 10 pertemuan, pasangan Indonesia menang dalam dua pertemuan pertama dan tidak pernah menang dalam delapan laga setelahnya.

Pertandingan ini sendiri akan menentukan peringkat pertama dan kedua, yang mempengaruhi undian untuk babak selanjutnya. Meski begitu, Greysia tidak merasa terbeban dengan semua hal itu.

“Kami akan menjalani seperti biasa apa yang kami siapkan untuk sebuah pertandingan. Apa yang harus kami siapkan, strategi apa yang harus kami mainkan, jadi tidak ada beban. Kami harus lebih fokus ke diri kami sendiri. Soal bertemu siapa di perempatfinal tidak ada perbedaan. Kami akan tetap lakukan yang terbaik untuk bisa mengambil posisi pertama,” ucap Greysia menutup pembicaraan. ***