JAKARTA - Ketua Fraksi Golkar di MPR, Zainudin Amali yakin calon yang diajukan akan terpilih secara musyawarah mufakat sebagai ketua MPR. Calon ketua MPR itu adalah Bambang Soesatyo.

Amali adalah orang yang mendapatkan mandat untuk melakukan lobi dengan fraksi di MPR. Dia mengungkapkan, dalam rapat konsultasi, semua fraksi sepakat untuk memilih ketua MPR melalui musyawarah, bukan voting. Amali yakin Bamsoet yang akan terpilih oleh mayoritas fraksi.

"Pada umumnya fraksi-fraksi menginginkan ini musyawarah mufakat. Kami punya keyakinan, Bamsoet bisa mendapat dukungan dari fraksi-fraksi lain. Kalau musyawarah mufakat, kan nanti hasilnya satu nama," katanya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (1/10).

Saat ini saingan Bamsoet hanya tinggal Ahmad Muzani dari Gerindra. Sebab, Muhaimin Iskandar yang getol mengincar posisi tersebut memilih menjadi Wakil Ketua DPR.

Amali bersyukur tinggal bersaing dengan Gerindra. Dia menyebut, akan getol komunikasi dan lobi dengan Gerindra agar Bamsoet didukung oleh partai yang dipimpin Prabowo Subianto.

"Saya kira kita komunikasikan lagi dengan Gerindra supaya calon kita pak Bambang Soesatyo bisa mendapatkan dukungan," jelasnya.

Sementara itu, Amali melihat sinyal partai-partai lain dan DPD akan menyepakati nama Bamsoet sebagai ketua. Sebab, semua fraksi telah menyatakan akan memilih secara musyawarah.

"Saya merasa peluang besar untuk Bambang Soesatyo menjadi ketua MPR," tutup Amali.***