JAKARTA – Setelah PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 1.300 karyawan, giliran startup edutech, Ruangguru melakukan memutus untuk mem-PHK ratusan karyawannya.

Keputusan itu diambil karena situasi global yang memburuk.

"Terdapat ratusan pegawai Ruangguru yang terdampak dari pemutusan hubungan kerja ini. Keputusan sulit ini diambil karena situasi pasar global yang memburuk secara drastis," tulis tim Corporate Communication Ruangguru dalam keterangan resminya, Jumat (18/11/2022).

Dijelaskan lebih lanjut, Ruangguru memastikan semua yang terdampak telah mendapat pesangon, uang penghargaan masa kerja, dan penggantian uang hak (apabila masih ada cuti).

Startup ini juga memastikan seluruh kompensasi tersebut juga telah sesuai dengan undang-undang yang berlaku, yakni diberikan penuh tanpa potongan dan gaji bulan terakhir bekerja turut dibayarkan penuh. Ruangguru juga memperpanjang asuransi bagi karyawan yang terdampak.

"Kami juga berkomitmen membantu yang terdampak untuk mendapatkan pekerjaan baru segera dengan mengalokasikan tim rekruter Ruangguru khusus dan memberikan dukungan konsultasi karir, psikologis, dan akses kelas pengembangan karir jika dibutuhkan," tulis Ruangguru.

Meski ada PHK karyawan, perusahaan menyebut tetap optimistis dengan prospek, kesempatan, serta posisi unik yang dimilikinya untuk terus memberikan akses layanan pendidikan berkualitas. Keputusan ini juga dipastikan tidak berpengaruh pada layanan dan pelanggan Ruangguru. ***