PEKANBARU - Pantang menyerah. Dua kata itulah untuk menggambarkan kegigihan Relawan Cinta Ibu (RCI) yang ada di Riau bergerilya ke sejumlah daerah untuk memenangkan pasangan presiden dan wakil presiden nomor urut 1, Jokowi-Ma'ruf Amin.

Langkah mereka terjun ke masyarakat tidak selalu berjalan mulus. "Kendala pasti ada karena perbedaan di masyarakat pada pemilihan presiden kali ini adalah hal yang lumrah. Tapi kami tidak mudah menyerah. Teman teman relawan selalu saja dapat jalan untuk mendekati masyarakat," ujar Anggara, Koordinator Relawan Cinta Ibu Kabupaten Rokan Hilir, Selasa (9/4/2019).

Walaupun mendapat kendala, tambah Anggara, teman temannya tidak ada yang mendapat perlakuan anarkis. Karena mereka punya prinsip sopan santun dan ramah setiap menghadapi masyarakat. Sehingga menghindari gesekan ketika ada penolakan.

Oleh karena itu, tambah Anggara, di luar perkiraannya, respon masyarakat Rohil sangat baik atas program dan keberhasilan pemerintahan Jokowi selama 4,5 tahun menjadi presiden Indonesia.

"Sekitar 90 persen relawan disambut baik di tiap tiap desa penugasan. Antusias warga sangat tinggi dengan kegiatan seperti ini. Tidak hanya kaum ibu ibu rumah tangga. Kalangan bapak bapak pun ikut berebut baju, kalender dan stiker yang dibagikan relawan," ungkapnya.

Sambutan positif ini berhembus di antaranya di Kecamatan Pekaitan, Rimba Melintang, Bangko Pusako, Pujud, Tanjung Medan, Tanah Putih dan Bantaian.

Banyak dari warga yang dijumpai relawan mengharapkan semoga Jokowi terpilih kembali menjadi presiden. Pasalnya mereka sudah merasakan langsung program program yang menyentuh masyarakat. Mulai dari Kartu Indonesia Sehat, Kartu Indonesia Pintar, Program Keluarga Harapan dan pengurusan sertifikat tanah gratis.

"Warga pun meminta kartu kartu sakti program Jokowi segera juga dibagikan kemasyarakat yang kurang mampu lainnya. Kalau presiden lainnya yang terpilih, mereka khawatir program program ini dihentikan," tukasnya.

Sementara itu Koordinator RCI Indragiri Hilir Angga Kurniawan mengatakan sejauh ini teman teman relawan relatif lancar melakukan sosialisasi door to door di Bumi Sri Gemilang.

"Kami malah kekurangan baju kaos karena begitu antusiasnya warga menyambut kedatangan teman teman relawan," ujarnya.

Ia pun tak menampik adanya kendala di lapangan, namun hanya beberapa rumah saja yang tidak berminat untuk didatangi.

"Kami tetap optimis, langkah dan ikhtiar teman teman relawan menambah suara untuk pasangan nomor urut 1 Jokowi dan Ma'ruf Amin di Riau. Optimis, Jokowi tetap presiden lagi," tegasnya. ***