PEKANBARU - Pasangan Bakal Calon Pilkada Rokan Hulu, H Sukiman dan Indra Gunawan (Ujang Lurah) hampir dipastikan akan melaju ke Pilkada Rohul menggunakan perahu tiga partai.

Tiga partai tersebut adalah Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dengan 8 kursi, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan 4 kursi, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) dengan 1 kursi, Partai Demokrat dengan 4 kursi dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dengan 6 kursi.

Dengan tiga partai tersebut, Paslon ini sudah melebihi batas minimal pencalonan, dimana ketiga partai itu sudah membawa 23 kursi. Sementara batas pencalonan hanya 9 kursi dari 20 persen total anggota DPRD Rohul.

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Riau, H Zukri mengatakan, dengan penyerahan dukungan dari PDIP kepada Paslon ini, keduanya diharapkan bisa memenangkan Pilkada Rohul.

Bahkan, PDIP akan mengkaderkan Indra Gunawan. Sukiman sendiri saat ini masih menjadi kader Gerindra dan menjabat sebagai Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gerindra Rokan Hulu.

"InsyaAllah Pak Ujang Lurah akan jadi kader PDIP. Ini sosok ini sangat tidak asing, religius, sangat dekat ulama, dekat dengan anak muda. Pasangan ini adalah millenial agamis. Bahkan, kalau ada yang mau ikut trabas, wajib kenal sama Pak Ujang, karena dia ketuanya di Riau ini," terang Zukri saat penyerahan surat rekomendasi PDIP di Kantor DPD PDIP Riau, Selasa (11/8/2020). ***