JAKARTA - Guncangan gempa berkekuatan magnitudo 5,6 terasa di wilayah Jakarta dan sekitarnya, Senin (21/11/2022) sekitar pukul 13.20 WIB. Gempa cukup terasa kencang.

"Lampu rumah aja masih goyang ini," ujar Dani, warga Kalibata, Jakarta Selatan.

Gempa juga terasa di wilayah Depok, Jawa Barat. Eko, salah seorang warga, merasakan gempa mengguncang cukup hebat karena hiasan lampu gantung, televisi, dan meja bergoyang cukup kuat. "Kira-kira 5 detik," ucap Eko.

Gempa juga terasa di wilayah Pondok Aren, Tangerang Selatan. "Gue kira pusing karena belum makan," ujar Bagus yang menyebut meja kerjanya turut bergeser karena gempa.

Sebagian bahkan menyebutnya, "terasa kuat," berhambur ke luar rumah atau bangunan. Info awal yang dibagikan BMKG melalui akun media sosialnya menyebut gempa berkekuatan 5,6. Sumbernya ada di koordinat: 6.84 LS-107.05 BT atau 10 kilometer Barat Daya Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Gempa dari kedalaman 10 kilometer dicatat BMKG terjadi pada Pukul 13:21:10 WIB. BMKG memastikan tidak ada tsunami. Melansir informasi dari BMKG, gempa bumi yang mengguncang Cianjur dan terasa hingga ke Bandung ini terjadi pada pukul 13.21 WIB. Warga Kota Bandung yang berada di area Jalan Asia Afrika melaporkan adanya guncangan gempa bumi.

Gempa juga dirasakan warga di Ibu Kota negara Jakarta bahkan hingga Depok. Abu Bokar Bogas salah satu warga depok mengaku kaget saat goncangan gempa tersebut terjadi. "Kaget saya, soalnya guncanganya terasa agak lama ya gak kayak biasanya," ujarnya kepada GoNews.co, Senin (21/11/2022).

Warga lainya yakni Nina, juga mengalami hal serupa. "Lama banget goncanganya, sampai pusing kepala," ujarnya

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis kekuatan gempa M 5,6. Lokasi gempa berada di 10 km barat daya Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. "Tidak berpotensi TSUNAMI," tulis BMKG dalam rilis resminya.***