RENGAT - Hujan deras yang mengguyur sejumlah wilayah di Kabupaten Indragiri Hulu, Riau membuat sejumlah anak sungai dan parit didaerah itu meluap. Akibatnya, beberapa sekolah mengalami kebanjiran.

Seperti halnya di Kelurahan Tanah Merah, Kecamatan Pasir Penyu. Gedung sekolah SMP Neger 3 Pasir Penyu terendam. Kedalaman air di ruang kelas mencapai 60 Cm.

"Benar, sejak pagi tadi Kecamatan Pasir Penyu diguyur hujan deras selama 5 jam. Akibatnya, sejumlah drainase atau parit yang ada tidak lagi mampu menampung debit air dan meluap hingga masuk kedalam kelas," kata Kepala SMPN 3 Pasir Penyu, Hj Ernawati, Selasa (21/2/2017).

Diperkirakan, ketinggian air mencapai 60 Cm. "Karena tidak memungkinkan untuk dilakukan proses belajar mengajar dan mengingat keselamatan para pelajar, seluruh pelajar terpaksa kita pulangkan," jelasnya.

Sejauh ini sambung Ernawati, dampak dari banjir tersebut belum ada menimbulkan kerugian materil. Namun demikian, banjir tersebut tentunya membuat areal dan gedung sekolah menjadi kumuh.

"Kerugian materilnya belum ada, hanya saja akibat digenangi air lingkungan dan ruang belajar menjadi kumuh," pungkasnya.

Menanggapi hal itu, Lurah Tanah Merah, Arifindi menyebutkan bahwa, untuk mencegah kembali terjadinya banjir yang merendam sekolah itu, pihaknya akan segera menghubungi pihak PT TPP (Tunggal Perkasa Plantation) untuk membatu membersihkan parit tersebut.

"Kita akan hubungi pihak PT TPP untuk membantu membersihkan parit tersebut, karena bagai manapun juga, air dari kebun mereka juga mengalir ke parit tersebut. Sehingga, debit air yang tinggi tidak mampu ditampung oleh kondisi parit yang kecil," tegasnya.

"Jalan satu-satunya agar air tidak meluap, parit yang ada persisis dibelakang gedung sekolah itu harus direklamasi atau dibersihkan," pungkasnya.*** #Ingin Tahu Berita INHU Selengkapnya, Klik Disini