SELATPANJANG - Kejadian langka sempat hebohkan warga Desa Mekong Kecamatan Tebingtinggi Barat, Kepulauan Meranti, Riau. Dimana, satu batang pohon pisang milik warga setempat mengeluarkan 4 tandan (dari dua tangkai) dan 4 jantung pisang.

Kejadian ini sontak membuat perhatian warga Desa Mekong tertuju pada satu batang pohon pisang milik Alamsyah. Dimana, pisang yang tumbuh tepat di bagian belakang rumah Alam itu berbuah tidak lazimnya.

Satu batang pisang yang dikenal dengan nama Pisang Buai Bunga oleh masyarakat setempat mengeluarkan 4 tandan pisang dengan 4 jantung. Beberapa warga pun sempat mendatangi dan mengabadikan kejadian langka dan unik ini. Sebab, pisang diyakini hanya berbuah satu kali dan kebanyakan hanya mengeluarkan satu tandan dengan satu jantung pisang.

Alamsyah kepada GoRiau mengaku semula tidak menyangka pisang miliknya itu akan mengeluarkan 4 tandan dengan 4 jantung pisang. Namun keanehan telah terlihat ketika pisang itu mengeluarkan 2 jantung dari dua tangkai. Lalu, kata Alam lagi, setelah jantung itu terbuka maka muncul lagi jantung yang lain sehingga jantung pisang menjadi 4 buah.

Empat jantung pisang ini kemudian mengeluarkan bakal buah dengan normal seperti tandan-tandan pisang yang lain. Hanya saja, diakui Alam, buah yang dihasilkan dari 4 jantung dalam satu batang sepertinya tidak sebagus buah pada biasanya. "Nampaknya buah pisang itu kurang bagus, agak kecil," ujar Alam sambil menunjukkan pisang yang tergantung lebih kurang 2 meter ke atas itu.

Diceritakan Alam, sebelum ini, di rumpun yang sama, Pisang Buai Bunga itu juga mengeluarkan buah tidak lazimnya. Dimana, satu batang pisang mengeluarkan 2 jantung dari dua tandan. "Sebelum ini hanya dua tandan dan dua jantung pisang. Buahnya bagus, saya bagi-bagikan ke tetangga dan bawa ke Masjid saat acara," kata Alam lagi.

Diakui Alam juga, keanehan pisang berbuah lebih dari satu tandan baru kali ini terjadi di perkarangan rumahnya. Meski rumah itu sudah ditempatinya sejak 29 tahun silam (tahun 1988, red) dan sudah sering menanam pisang, namun baru kali ini ada kejadian unik satu batang pisang menghasilkan dua tandan dan empat tandan buah pisang. *** #Semua Berita Kep Meranti, Klik di Sini