SELATPANJANG - Bekerjasama dengan Koperasi Hangtuah, Rumah Zakat Provinsi Riau membagikan 1.000 kaleng kornet di Kepulauan Meranti. Program ekspedisi superqurban 2017 ini dipusatkan di tiga tempat, panti asuhan, warga kurang mampu di Rintis, dan Desa Sesap Kecamatan Tebingtinggi.

Ditemui di Jalan Rintis Selatpanjang, usai pembagian kornet kepada warga kurang mampu, Muhammad Yunus Azis Kepala Cabang Rumah Zakat Provinsi Riau mengatakan ini program kedua di Kepulauan Meranti sejak tahun 2017. Dimana, sebelumnya ada Penyaluran Siaga Sehat (cek kesehatan gratis, red) dan saat ini program Ekspedisi Kornet Super Qurban 2017.

"Tahun ini Rumah Zakat Riau menyalurkan 1.000 kaleng kornet ke Kepulauan Meranti. Daging merupakan ini hasil dari qurban tahun 2016 lalu," ujar M Yunus, Sabtu (25/3/2017).

Tujuannya, tambah Yunus, agar masyarakat tidak pernah merasakan hasil kurban, bisa langsung mengkonsumsi daging. Selain itu, kita juga berharap dengan ini bisa meningkatkan animo warga akan pentingnya berqurban dan berbagi ke masyarakat yang membutuhkan.

"Alhamdulillah, daging kurban kita tidak hanya dibagikan di Indonesia. Tetapi juga sudah sampai ke Somalia, Rohingya, Suriah, dan negeri-negeri terkena dampak bencana," beber Yunus.

Di tempat yang sama, Ketua Koperasi Hangtuah dr Misri Hasanto MKes mengatakan untuk di Kepulauan Meranti ada 3 titik yang akan disalurkan daging kornet. Diantaranya, Panti Asuhan Kampungbaru, warga kurang mampu (termasuk warga PITI) di Rintis Tebingtinggi, dan Desa Sesap Kecamatan Tebingtinggi.

"Kita di sini kan banyak warga mualaf, dan warga miskin. Bantuan ini sangat bermanfaat untuk mereka," ujar Misri Hasanto.

Pantauan GoRiau, Sabtu siang, puluhan warga kurang mampu berkumpul di Jalan Rintis Kelurahan Selatpanjang Selatan Kecamatan Tebingtinggi. Setiap satu orang dari warga ini mendapatkan 4 kaleng kornet dari Rumah Zakat. ***