PANGKALAN KERINCI – Helat Pelalawan dalam rangka HUT ke-Kabupaten Pelalawan akan berlangsung pada 8 hingga 12 Oktober 2022 mendatang.

HUT Kabupaten Pelalawan ke-23 ini, akan digelar di Lapangan IPAL PDAM milik Dinas PUPR areal Bhakti Praja, Pangkalan Kerinci.

Rencananya Helat Pelalawan bakal diramaikan oleh panggung hiburan seni budaya oleh artis dan seniman asal Kabupaten Pelalawan dengan menampilkan berbagai kesenian daerah.

"Kita juga datangkan artis dari luar kabupaten," terang Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Pelalawan, Budi Surlani kepada GoRiau.com, Rabu (28/9/2022).

Untuk artis, sebut dia, sementara ini sudah fix adalah Farel Prayoga dan Tri Suaka management. "Itu ada Tri Suaka sendiri, Nabila Maharani dan Zenidin Zidane. Diluar itu, akan ada artis yang tampil dari Pelalawan," ungkapnya.

Budi menjelaskan, Farel akan meramaikan panggung Helat Pelalawan pada Minggu 9 Oktober 2022. Sedangkan Trisuaka CS akan manggung pada 12 Oktober 2022.

"Untuk kesiapa tempat acara, sudah kita survei lahan yang bakal dijadikan Helat Pelalawan, dengan luas 3 hektare. Kalau dijadikan panggung hiburan dan stand itu cukup, termasuk tenda kuliner PKL," bebernya.

Pada kegiatan Helat Pelalawan 2022, lanjut dia, dipastikan panitian akan menyediakan sebanyak 141 stand pameran. 

"Ada 40 stand diperuntukkan bagi dunia usaha dan 100 stand bagi para pelaku UMKM. Sesuai arahan pimpinan untuk pelaku UMKM yang dipilih, gratis," jelasnya.

Sedangkan untuk stand bagi para pelaku usaha, akan dikenakan biaya. "Untuk dunia usaha itu jelas, dikenakan biaya. Itulah yang mensubsida yang gratis tadi," pungkas Budi Surlani.

Diketahui, Helat Pelalawan sebelumnya bertajuk Pelalawan Expo sebagai ajang tahunan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Pelalawan.***