PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru kini menerapkan konsep new normal atau tatanan hidup baru untuk menghadapi pandemi virus Corona penyebab Covid-19. Dalam konsep ini, aktivitas ekonomi pun dapat kembali produktif dan pusat perbelanjaan kembali dibuka dengan menerapkan protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

Untuk melihat bagaimana kesiapan pusat perbelanjaan tersebut beraktivitas dalam konsep new normal ini, Walikota Pekanbaru Firdaus meninjau langsung ke dua lokasi perbelanjaan hari ini, Senin (1/6/2020).

Bersama rombongan, Firdaus meninjau Mall SKA di Jalan Soekarno Hatta dan Sukaramai Trade Center (STC) di Jalan Sudirman, Kota Pekanbaru. Selain memantau penerapan protokol kesehatan di pusat perbelanjaan tersebut, Firdaus juga menyosialisasikan pentingnya protokol itu ditaati kepada beberapa pengunjung yang datang.

"Pemko Pekanbaru sudah dipercayakan oleh Pemerintah Pusat untuk menerapkan new normal. New normal ini adalah bagaimana kita sedikit melonggarkan pergerakan masyarakat, tetapi tetap terhindar dari penularan Covid-19," jelasnya.

"Maka dari itu protokol kesehatan sangat penting diperhatikan. Jadi sembari tetap melakukan kegiatan produktif agar ekonomi kita terselamatkan, kita juga terhindar dari Covid-19," tegasnya.

Sementara itu, Firdaus menuturkan pusat perbelanjaan yang ditinjaunya telah mempersiapkan peralatan untuk protokol kesehatan, seperti tempat mencuci tangan dengan sabunnya dan alat pengukur suhu tubuh.

"Apa yang kita tinjau tadi, beberapa ritel didalamnya juga telah mengatur antrian masuk pengunjung berjarak 1 meter, dan mengukur suhu tubuh mereka sebelum masuk," terangnya.

Namun, menurutnya masih ada juga warga atau pengunjung yang belum benar-benar paham mengapa harus berjarak 1 meter atau mengapa harus menggunakan masker.

"Tadi saya lihat juga ada masyarakat pengunjung yang belum paham dari pada pemberian jarak 1 meter antara pengunjung dan pemakaian masker. Saya jelaskan sekali lagi, semuanya itu adalah untuk menghindari penularan Covid-19 itu sendiri," paparnya.

Firdaus berharap, penerapan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan dan disampaikan pemerintah ini dapat diperhatikan dan secara disiplin ditaati oleh pengunjung, pramuniaga, atau siapapun yang beraktivitas di pusat perbelanjaan dan semua kalangan masyarakat di Kota Pekanbaru.