PANGKALAN KERINCI -Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pelalawan mengagendakan tiga rapat paripurna, pada Senin (29/11/2021).

Dari tiga agenda itu, diantaranya rapat paripurna penyampaian pembahasan Badan Anggaran (Banggar) dan pengambilan keputusan serta penutupan pembahasan terhadap Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Pelalawan tahun anggaran 2022.

Kemudian rapat paripurna penetapan program pembentukan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Pelalawan tahun 2022.

Terakhir, rapat paripurna penyampaian pembahasan Panitia Khusus (Pansus) dan pengambilan keputusan serta penutupan pembahasan terhadap Ranperda tentang perubahan kedua atas Perda nomor 1 tahun 2016 tentang retribusi daerah.

"Pagi ini kawan-kawan melakukan finalisasi. Ada tiga agenda paripurna Ranperda nanti," terang Ketua DPRD Kabupaten Pelalawan, Baharudin, kepada GoRiau.com.

Lebih lanjut ia menjelaskan, ketiga agenda tersebut akan diselesaikana pada hari ini, sehingga Pemerintah Kabupaten Pelalawan dapat segeri memiliki payung hukum.

"Salah satunya revisi Perda tentang retribusi, berkaitan dengan pencabutan Perda tentang Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Hari ini kita selesaikan, supaya ada payung hukum dalam rangka menggali potensi daerah sebagi Pendapatan Asli Daerah (PAD)," papar Baharudin.

Untuk itu, terang politisi Golkar ini, DPRD Pelalawan tengah menuntaskan agenda tersebut. "Makanya kawan-kawan di DPR bekerja keras untuk menyesaikan agenda itu," ujarnya.

Terkait finalisasi APBD Pelalawan 2022, Baharudin mengatakan sebelumnya sudah ada kesepakata melalui nota kesepahaman DPRD dengan Pemkab Pelalawan yang sudah dibahas.

"Nanti akan kita ambil keputusan. Angkanya nanti kita tunggu saja hasil dari keputusan, berapa APBD 2022 itu," pungkasnya.***