TELUKKUANTAN –   Setelah sempat vakum selama dua tahun, iven budaya nasional pacu jalur di Kabupaten Kuansing (Kuansing), Riau, sukses digelar tahun 2022. Kegiatan budaya yang sudah berusia 119 tahun ini berjalan lancar tanpa kendala.

Bahkan Menteri Pariwisata Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Solahudin Uno merasa terkesan dengan iven budaya ini saat hadir membuka langsung di Tepian Narosa. Antusias masyarakat yang rindu dengan gelaran pacu jalur ini juga terlihat dengan tumpah ruah selama lima hari sepanjang Tepian Narosa.

GoRiau Mini market Djoeragan Net bera
Mini market Djoeragan Net berada di Simpang Mangga Benai.

Kesuksesan kegiatan pacu tidak lepas dari peranan sponsor yang membantu jalur-jalur masyarakat untuk turun dalam iven budaya tahunan di Kuansing. Satu diantaranya sponsor memberikan dukungan kepada jalur jalur masyarakat Kuansing yakni Djoeragan Net, usaha di bidang Mini Market dan WiFi di kecamatan Benai.

Tidak hanya jalur dari Kecamatan Benai saja, Djoeragan Net juga memberikan dukungan kepada jalur dari Kecamatan lainnya. Dukungan diberikan secara penuh oleh Djoeragan Net selama pacu berlangsung.

Hal ini diungkap Owner Djoeragan Net Miki Marwilis kepada awak media, Minggu (28/8). Menurut Miki, di tahun ini pihaknya mensponsori sebanyak enam jalur Kuansing yang berlaga di Tepian Narosa.

GoRiau Owner Djoeragan Net Miki Marwi
Owner Djoeragan Net Miki Marwilis menyerahkan bantuan kepada jalur yang disponsorinya. (foto: ist)

Diantaranya Jalur Singa Ngarai RAPP Djoeragan Net, Rajo Bujang  RAPP Djoeragan Net, Sembilan Langkah Putri Samudra Djoeragan Net, Tapak Tigo Tumpuan Nagori Djoeragan Net, Dubalang Penghulu Rajo RA Cell Djoeragan Net dan Kahulu Jantan Danau Kompe.

Jalur yang disponsorinya ini tidak hanya dibantu secara materil saja tetapi pembinaan dan dukungan moril juga diberikan, sebelum dan selama pacu berlangsung diberikan secara total.

Dua diantara jalur ini bahkan berhasil hingga putaran hari Kelima. Meskipun tidak finish sebagai juara tepian narosa tahun ini, dua jalur tersebut tetapi berhasil menduduki sebelas besar di hari terakhir pacu jalur.

GoRiau Owner Djoeragan Net Miki Marwi
Owner Djoeragan Net Miki Marwilis bersama pendukung jalur Tapak Tigo Tumpuan Nagori di Tepian Narosa. (foto: ist)

"Dari enam jalur yang kita sponsori kemarin, alhamdulillah ada dua jalur yang berhasil melaju hingga hari terakhir meskipun belum juara," ungkap pria yang juga berpofesi sebagai Guru Olahraga di SMPN 3 Benai ini

Dua jalur ini diantaranya Rajo Bujang RAPP Djoeragan Net yang berhasil menduduki di peringkat delapan. Kemudian Singa Ngarai RAPP Djoeragan Net berada di posisi sebelas.

Miki mengatakan, Djoeragan Net mensponsori sejumlah jalur ini sebagai bentuk kecintaannya terhadap budaya pacu jalur. Pihaknya berniat akan terus berpartisipasi membantu masyarakat dalam pesta rakyat setiap tahunnya.

"Kita akan terus berpartisipasi dalam iven tahunan ini. Tahun ini saja kita bisa dibilang paling banyak mensponsori jalur jalur Kuansing sampai enam jalur," tambahnya.

GoRiau Owner Djoeragan Net bersama IP
Owner Djoeragan Net bersama IPJKS dan Koleksi Pacu Jalur yang melakukan live streaming selama pacu jalur. (foto: ist)

Tidak hanya memberikan dukungan kepada jalur jalur saja, Djoeragan Net juga mensponsori chanel You tube  yang meliput acara pacu jalur secara live streaming selama lima hari.

"Ada dua chanel You tube kita sponsori untuk live streaming pacu jalur tahun. Diantaranya chanel IPJKS dan Koleksi Pacu Jalur, dengan live streaming ini masyarakat Kuansing yang tidak hadir di tepian Narosa kemarin bisa tetap menikmati pacu jalur secara streaming," tandasnya.

Seperti diketahui, iven nasional pacu jalur Tepian Narosa tahun 2022 diikuti sebanyak 178 jalur. Tidak hanya diikuti jalur dari Kuansing, kabupaten tetangga yakni kabupaten Inhu juga turut serta meramaikan sebanyak 23 jalur.

Gelaran tahun ini jalur dari kabupaten Inhu Tuah Keramat Sialang Soko berhasil keluar menjadi juara pertama. Kemudian Jalur Kuasing Toduang Biso Rimbo Piako berada di posisi kedua.(adv)