PEKANBARU - Himpunan mahasiswa program studi PPKn FKIP Universitas Riau (Unri) akan menggelar olimpiade PPKn ke-9 pada 24-29 Februari 2020 mendatang.

Ketua Pelaksana Olimpiade PPKn ke-9 Unri, Roberto Edo Deniro mengatakan, bahwa acara olimpiade tahun ini akan berbeda dengan olimpiade yang sebelum-sebelumnya. Jika dulunya hanya melaksanakan berbagai perlombaan untuk siswa di tingkat sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), dan sekolah menengah atas (SMA) di Provinsi Riau, tahun ini akan ada juga lomba tingkat nasional, yaitu lomba debat mahasiswa nasional dan lomba essai nasional.

"Olimpiade PPKn merupakan perhelatan dan persembahan terbesar dari Himaprodi PPKn FKIP Unri. Yang kali ini akan banyak perubahan dari olimpiade PPKn yang sebelumnya. Ada beberapa cabang perlombaan yang baru dan tentunya sangat menarik, seperti lomba debat mahasiswa nasional dan lomba esai nasional," kata Roberto kepada GoRiau.com di Pekanbaru, Jumat (20/12/2019).

Sementara itu, Bupati Mahasiswa Himaprodi PPKn FKIP Unri, Razali menambahkan, bahwa olimpiade PPKn ke-9 Unri kali ini mengusung tema "Merajut Kebhinekaan Merawat Persatuan dan Kesatuan di Era Milenial".

"Olimpiade ini merupakan salah satu wujud pembuktian cinta dari Himaprodi PPKn FKIP Unri terhadap Indonesia dengan semangat merawat dan menjaga kebhinekaan. Serta menanamkan Ideologi Pancasila serta membentuk generasi Pancasilais dari Riau khususnya dan untuk Indonesia umumnya," kata Razali.

Adapun kategori perlombaan dalam olimpiade PPKn ke-9 Unri ini, sebagai berikut: tingkat SD meliputi perlombaan tes tertulis, cerdas cermat, dan pidato kebangsaan. Tingkat SMP meliputi perlombaan tres tertulis, cerdas cermat, pidato kebangsaan, dan karikatur.

Sedangkan, untuk tingkat SMA meliputi tes tertulis, cerdas cermat, pidato kebangsaan, karikatur, dan debat pendidikan. Tingkat mahasiswa meliputi perlombaan essai nasional dan debat mahasiswa.

Lalu, untuk umum ada perlombaan ranking 1, photo Mlmoment, video pendek, video dokumentasi, dan lomba mengajar.

Nah, bagi sekolah dan universitas yang ingin mendaftarkan diri untuk mengikuti olimpiade PPKn kesembilan Unri ini dapat menghubungi contact person berikut : Depi Syuriani : 082166817982, Nova Angraini : 082288194642, Deya Rhama Dhanty : 082170867787, dan Firda Mariam Harfia : 082284393090. ***