DUMAI - Enam pasien positif Virus Corona atau COVID-19 di Kota Dumai dinyatakan telah sembuh dan sudah diperbolehkan untuk pulang ke rumah, Sabtu (9/5/2020).

Gugus Tugas Penanganan COVID-19 Kota Dumai menyatakan, sembuhnya enam pasien ini secara langsung telah mengurangi jumlah kasus positif virus Corona di Dumai dari 11 kasus turun menjadi 5 kasus.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Dumai Syahrinaldi mengatakan, enam pasien positif corona dinyatakan sembuh yaitu pasien 03 inisial R yang dirawat sejak 3 April 2020, pasien 05 inisial K dirawat sejak 4 April 2020. Pasien 10 inisial S dirawat sejak 13 April 2020, pasien 11 inisial T dirawat sejak 24 April dan pasien 14 inisial IY dirawat sejak 5 Mei 2020, dan pasien 06 inisial DZ balita usia dua tahun.

"Mereka dinyatakan sembuh dan boleh pulang setelah dua kaliswab testnegatif, namun tetap harus melakukan isolasi mandiri selama 14 hari," kata Syahrinaldi kepada wartawan di Posko Gugas COVID-19 Dumai Jalan HR Subrantas.

Dikatakannya, ucapan terimakasih dan penghargaan kepada tim medis dan tenaga kesehatan RSUD Dumai yang telah bekerja keras dan telah memberikan perawatan terhadap semua pasien COVID-19 di Dumai.

Kadis Kesehatan Dumai ini mengajak seluruh lapisan masyarakat Dumai untuk memberi dukungan kepada pasien positif corona, pasien dalam pengawasan dan orang dalam pemantauan serta tenaga medis dengan tidak memberi stigma negatif.

Dari total 15 kasus terkonfirmasi positif COVID-19 di Kota Dumai, sebelumnya juga sudah diumumkan kesembuhan sebanyak 4 pasien oleh Gugas COVID-19 Dumai, ditambah Sabtu ini 6 kasus, sehingga total 10 pasien sudah sembuh dan masih menyisakan 5 pasien positif dirawat.

Pasien sembuh yakni S pasien (04), RR (07), dan NU (08) serta pasien 02 ME yang dinyatakan sembuh setelah dua kali hasil swab test atas dirinya negatif, sesuai protokol penanganan COVID-19 jika sudah dua kali swab test negatif maka pasien sudah dinyatakan sembuh total. ***