PEKANBARU - Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Riau, Wan Thamrin Hasyim kecewa berat terharap Kementerian Agama (Kemenag) yang tak mau memberikan izin bagi embarkasi haji di Riau. Belakangan ini, justru tersiar kabar bahwa embarkasi haji di Riau batal dilaksanakan tahun ini.

"Kirim surat ke saya, kalau batal. Saya dengar Komisi V mau ketemu Kemenag di Jakarta saat ini," kata Plt Gubri di Bank Riau Kepri, Jalan Jendral Soedirman Pekanbaru, Kamis (31/5/2018).

Ia mengaku kecewa karena merasa dipermainkan oleh Kemenag. Selama ini, ia merasa Kemenag tidak memiliki itikad baik untuk mewujudkan mimpi masyarakat Riau yang ingin memiliki embarkasi haji sendiri.

Bahkan, Kemenag sendiri pernah menurunkan timnya ke Riau tanpa memberitahu Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau. Begitu juga dengan Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin yang tak sempat meninjau embarkasi haji antara sewaktu ia berkunjung di Riau beberapa waktu lalu. Padahal, ia berada cukup lama di Riau.

"Kalau batal katakan bakal, kita ini kan bukan negara lain. Kita kan bagian NKRI. Rasanya miris ini, kita dipermainkan seperti ini," tandasnya. ***