SOLO - Medali emas pertama Kontingen Para Games Indonesia dihasilkan Tim Beregu Putra Para Bulutangkis pada ASEAN Para Games 2022 Solo. Dalam laga final di Venue Edutorium UMS, Solo, Minggu (31/7/2022) siang, Tim Beregu Putra Para Bulutangkis Indonesia mengalahkan Thailand dengan skor 3-0.

Tim Bulutangkis Indonesia yang beranggotakan Fredy Setiawan, Hafizh Prawiranegara/Hary Susanto, dan Dheva Anrimusthi mengalahkan Thailand dengan skor 3-0.

Fredy mengalahkan 21-19, 21-12 Kitichokwattana Chawarat untuk membawa Indonesia unggul 1-0. Hafizh/Hary menang 21-13, 21-13 atas Chok Uthaikul Watcharaphon/Teamarron Siripong.

Keunggulan Hafizh/Hary sudah mengunci kemenangan Indonesia atas Thailand. Usai kemenangan Hafizh/Hary, pemain-pemain Indonesia sudah berhamburan ke lapangan merayakan kemenangan.

Sedangkan di laga terakhir, Dheva menang atas Somsiri Pricha dengan skor 21-4, 21-8 untuk menyempurnakan kemenangan Indonesia.

Di pertandingan sebelumnya, Indonesia juga mampu mengandaskan Vietnam dengan skor telak 3-0. Saat itu poin-poin kemenangan Indonesia dipersembahkan oleh Fredy Setiawan, Hafizh Prawiranegara/Ukun Rukaendi, dan Suryo Nugroho.

Dua kemenangan tersebut mengantar Tim Badminton Indonesia merebut medali emas ASEAN Para Games 2022 Solo. Medali perak untuk nomor ini direbut oleh Thailand.

Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Kemenpora, Chandra Bhakti pada upacara pengalungan medali memberikan langsung kepada tim Thailand. Sementara medali emas diserahkan Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka yang juga sebagai Ketua Panitia INASPOC.

Salah satu pemain Indonesia Hary Susanto merasa bangga bisa menjadi salah satu atlet yang berhasil mempersenbahkan emas pertama untuk Indonesia di ajang Asean Para Games Solo 2022.

"Saya bangga bisa mempersembahkan medali rmas pertama untuk Indonesia di ajang Asean Para Games Solo 2022. Tadi saya bersama Hafizh coba bermain tenang dan lepas, hasilnya kami bisa memenangkan pertandingan," kata Hary. ***