BAGANSIAPIAPI - Warga Panipahan Darat, Kecamatan Pasir Limau Kapas, Rokan Hilir, Riau, sudah bisa bernafas lega. Pasalnya di daerah yang berbatasan dengan Selat Malaka ini, biasanya kalau ada warga yang sakit parah, harus ditandu untuk berobat.

Namun, sejak Kamis (11/2/2021), di Panipahan Darat sudah ada mobil ambulans yang siap melayani warga 24 jam untuk diantar ke rumah sakit. Ambulans itu milik kepenghuluan Panipahan Darat yang diadakan oleh pihak kepenghuluan.

Penghulu Panipahan Darat, Syofyar, Kamis (11/2/2021) mengatakan, pengadaan ambulans itu merupakan aspirasi dari warga yang dipenuhi pihak kepenghuluan. ''Ambulans ini milik kepenghuluan, dibeli dari dana ADD tahun 2020. Ini merupakan menjawab dari harapan masyarakat Panipahan Darat. Ini akan kita manfaatkan, jaga dan pelihara dengan baik,'' ujarnya.

Dikatakan, selama ini, warga yang sakit parah dibawa menggunakan motor dengan cara berboncengan menuju Ajamu, Labuhan Batu, Rantau Perapat, Sumatera Utara. Namun dengan adanya kendaraan roda empat ini, nantikan pemandangan itu tidak akan ada lagi.

''Selain menyediakan mobil, pihak kepenghuluan juga menyedia hotline service dengan nomor 082386035964, yang bisa dihubungi kapan saja,'' tegasnya.

Sementara itu, warga Panipahan Darat bersyukur dengan adanya mobil ambulans dari kepenghuluan. ''Selama ini warga yang sakit parah kita tandu pakai kain sarung ke pelabuhan untuk rujuk ke Tanjung Balai Asahan dengan adanya ambulans ini, alhamdulillah lebih lancar,'' uajr warga bernama Burhan. ***