JAKARTA - Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Riau siap mendukung Zulkifli Hasan sebagai Ketua Umum PAN untuk kali kedua.

Dukungan tersebut bukan tanpa alasan, karena Zulkifli Hasan, selama memimpin Partai berlambang matahari terbit itu, dianggap sukses dan berhasil meredam segala kegaduhan di internal partai, terlebih saat jelang pilpres maupun sesudah pilpres.

"Selama kepemimpinan beliau, kader PAN tidak pernah terlibat konflik. Perbedaan pilihan dalam pemilu dan pilpres pun bisa diatasi dengan baik tanpa ada kegaduhan," ujar Wasekjen DPP PAN, Irvan Herman, kepada GoNews.co, Minggu (8/12/2019).

Soal dukungan terhadap Zulkifli Hasan kata Irvan, sudah dibahas dan disepakati usai perwakilan dari Riau mengikuti Rakernas di Jakarta.

"Kita sudah sepakat dan bulat mendukung kembali pak Zulkifli Hasan," tegasnya.

DPW PAN Riau kata Irvan, bukan hanya mendukung kembali Zulkifli Hasan sebagai Ketum PAN. Tapi juga mendukung Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) sebagai tuan rumah Kongres PAN ke V yang akan diselenggarakan paling lambat bulan Maret 2020.

"Dukungan ini tentu tidak asal dan sudah dipertimbangkan dengan matang. Kami menggap, PAN di Sultra punya prestasi sebagai pemenang Pemilu 2019, dan capaian tersebut merupakan satu-satunya bagi PAN di Indonesia," tukasnya.

Hal yang sama juga diungkapkan Sekretaris DPW PAN Riau, Tengku Zulmizan Assegaf.

Menurutnya, DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Provinsi Riau adalah salah satu dari 30 DPW PAN se-Indonesia yang ikut deklarasi mendukung Zulkifli Hasan untuk kembali maju sebagai Ketua Umum Periode 2020 - 2025.

"Kami merasa perlu segera menyikapi hal ini setelah mencermati perkembangan-perkembangan dan dinamika yang terjadi selama Rakernas dan menjelang Kongres V PAN," kata Zulmizan.

Dukungan terhadap Zulhas kata Zulmizan, telah disepakati oleh seluruh pemegang mandat suara Kongres PAN sesuai dengan yang diatur oleh AD/ART PAN yaitu, Ketua dan Sekretaris DPW dan Ketua-ketua DPD PAN kabupaten/ kota se-Riau.

"Menindaklanjuti Rapat Harian DPW PAN Provinsi Riau beberapa waktu yang lalu, kami telah menyelenggarakan Rapat KSB (Ketua, Sekretaris dan Bendahara) DPW bersama Ketua-Ketua DPD yang mengikuti Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V PAN di Jakarta," tukasnya.

"Hasilnya, para pemegang mandat suara Kongres PAN di Riau memutuskan untuk bersepakat mengarahkan dukungan penuh kepada Saudaraku Zulkifli Hasan," timpalnya.

Atas dasar kesepakatan tersebut PAN Riau pun ikut mendeklarasikan bersama 29 DPW. Hingga akhirnya total ada 30 DPW PAN se-Indonesia yang sudah mendeklarasikan diri mendukung Zulhasan.***