JAKARTA - Dua pemain timnas putri Indonesia yakni Nanda Sakarini dan Tori Putri Suwandewi menunjukkan kualitasnya saat mendapat kepercayaan tampil di Australia. Keduanya sukses membawa Tim ICC EAP (Asia Timur-Pasifik) meraih gelar juara Toyota Australia Country Cricket Championship (TACCC) 2020.

Dalam pertandingan final yang digelar di Toowoomba, Australia, Sabtu (11/1/2020), ICC EAP mengalahkan South Australia dengan skor tipis 73/6-72/7. Ini merupakan hasil terbaik ICC EAP Women dalam sejarah keikutsertaan dalam turnamen selama beberapa tahun. Dan, ini merupakan yang pertama kalinya ICC EAP diperkuat pemain Indonesia. 

Tim ICC EAP yang di semifinal mengalahkan Quennsland dengan skor 121/5 - 114/8 dan finish di atas tabel poin dalam format grup. Mereka mencatat 5 kemenangan dari 7 pertandingan yakni dua kemenangan atas West Australia dan South Australia, Quensland dan New South Wales. 

Nanda Sakarini menyumbang total 78 run dalam 6 pertandingan selama tournament. sementara Tori Putri Suwandewi (2 wickets) juga memainkan peranan boenting dalam berbagai pertandingan.

Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Cricket Indonesia (PP PCI), Aziz Syamsuddin mengapresiasi penampilan Nanda Sakarini dan Tori Putri Suwandewi yang sukses membawa TIm ICC EAP ke tangga juara. "PP PCI bangga dengan keberhasilan Nanda dan Tori Putri yang mampu menunjukkan kualitasnya," katanya. 

Wakil Ketua DPR RI ini berharap keduanya bisa menambah pengalaman bertanding dalam upaya mengangkat prestasi timnas cricket Indonesia ke depan. “Pemain timnas putri kita terus menunjukan perkembangan dengan turut serta bermain di tingkat Internasional, baik timnas maupun non-timnas. Dan, kita berharap mereka bisa mendongkrak peringkat timnas Indonesia lebih baik lagi di dunia,” tegasnya. 

“Ya, kita patut bangga atas kemampuan dua srikandi Inodnesia itu membawa Tim ICC EAP menjadi juara untuk yang pertama kalinya. Apalagi, Toyota Australia Country Cricket Championship 2020 itu termasuk turnamen bergengsi di Australia,” tambah Wakil Ketua Umum PP PCI, Abhiram S Yadav. ***