KAMPAR - Dua jabatan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kampar direbut oleh 7 (tujuh) peserta assessment.

Seleksi Terbuka jabatan Pimpinan Tinggi Pratama untuk mengisi jabatan Kepala Dinas Perikanan dan Kepala Dinas Komunikasi, Informasi dan Persandian. Tahapan seleksi kompetensi manajerial dilaksanakan Kamis (22/7/2021).

Kepala Dinas Perikanan diperebutkan oleh tiga peserta yakni, Agus Dwi Rianto, Riadel Fithri dan Zulfahmi. Sedangkan Kepala Dinas Komunikasi, Informasi dan Persandian diperebutkan empat peserta yakni, Yuricho Efril, Afrudin Amga, Ahmad Zaki dan Rahmat Fajri.

Agus Dwi Rianto adalah orang lama di Dinas Perikanan. Ia sedang menjabat Kepala Bidang Budidaya.

Riadel Fithri sedang menjabat Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kampar. Sempat bertugas di Diskominfosan, lalu kembali lagi ke instansi yang telah lama ditempatinya.

Zulfahmi sedang menjabat Kepala Badan Kepegawaian dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kampar. Orang lama mengurusi kepegawaian ini juga merangkap jabatan sebagai Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perikanan dan ingin menjadi pejabat defenitif.

Lalu Yuricho Efril sedang menjabat Sekretaris Diskominfosan Kampar. Kepadanya juga diberi kepercayaan sebagai Pelaksana Tugas memimpin instansi yang sama. Ia ingin menjadi pimpinan defenitif.

Sebelumnya, ia telah memangku jabatan Eselon II sebagai Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kampar yang pertama saat instansi ini baru berdiri awal 2021.

Afrudin Amga cukup fenomenal. Sebelumnya ia menjabat Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kampar. Tetapi April 2021 lalu, ia diturunkan menjadi Sekretaris instansi yang sama.

Ahmad Zaki sedang menjabat Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kampar sejak April 2021 lalu. Sebelumnya, ia pernah menjabat Sekretaris DLH Kampar.

Terakhir Rahmat Fajri. Ia baru menjabat Camat Siak Huli sejak Maret 2021 lalu. Ia dimutasi dari jabatan sebelumnya sebagai Camat XIII Koto Kampar.

Panitia Seleksi yang diketuai Sekretaris Daerah Kampar, Yusri menyediakan jadwal tahapan seleksi kompetensi manajerial dua hari, 22-23 Juli 2021. Hasil tahapan ini akan diumumkan pada 29 Juli 2021.

Selanjutnya, seleksi kompetensi bidang yang terdiri dari penulisan makalah, presentasi makalah dan wawancara akhir dijadwalkan pada 2-3 Agustus 2021.

Hasil akhir assessment akan diumumkan pada 5 Agustus 2021. Pendaftaran sebagai tahap pertama dari seluruh tahapan seleksi mulai dibuka pada 1 Juli lalu.

Seleksi assessment dibuka oleh Sekda Kampar, Yusri di Gedung Assessment Center UPT Penilaian Kompetensi pada Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Riau, Kamis (22/7/2021).

"Seperti apapun nilai yang diperoleh nanti, itu murni hasil dari kompetensi dari masing-masing peserta," tegas Yusri dalam arahan memotivasi ketujuh peserta. Ia menegaskan, penilaian bebas dari intervensi.***