PEKANBARU – Kebijakan refocusing atau pergeseran anggaran yang dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru dinilai tidak sesuai dengan apa yang diharapkan.

Ketua Komisi IV DPRD Pekanbaru, Nurul Ikhsan menilai pekerjaan yang dilakukan oleh Pemko Pekanbaru tidak menunjukkan arah yang lebih baik, melainkan pekerjaan itu justru menjadi masalah.

"Mulai dari sampah yang kini ada dimana-mana mengelilingi kota Pekanbaru, sampai kepada penganggaran untuk penanganan banjir yang tak pernah sepadan, dan juga masalah lainnya, termasuk masalah jalan banyak rusak seperti apa pergeseran anggaran yang dilakukan?," katanya, Senin (9/5/2022).

Politisi Gerindra ini menerangkan selama ini Pemko Pekanbaru sudah sering melakukan pergeseran anggaran, Nurul juga mengaku DPRD Pekanbaru tidak mengetahui secara teknis pergeseran itu

"Jangan asik nak menggeser-geser anggaran saja, tapi tidak tepat sasaran. Pergeseran itu harus tepat sasaran lah, dan koordinasi dengan kita di DPRD," jelasnya.

Menurutnya sebelum melakukan pergeseran anggaran, Pemko Pekanbaru harus berkomunikasi dengan DPRD Pekanbaru selaku pengawas dan juga harus dilakukan dengan analisa dan kajian yang matang.

"Apa yang sudah diselesaikan dari refocusing anggaran Pemko itu, kita belum melihatnya," tegasnya.

Pemko dimintanya agar lebih peduli dengan keluhan rakyat, dan juga harus mengikuti kemauan rakyat.

"Tidak bisa juga masalah kota saat ini dibebankan kepada Pj Walikota nanti. Jika pun iya, ini harus Bersama-sama menyelesaikannya,’’ tutupnya. ***