JAKARTA - Komisi V DPR RI dalam siaran parlemen yang dibaca pada Rabu (30/11/2022) menyoroti pentingnya antisipasi permainan harga tiket transportasi menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru).

"Tadi sudah saya sampaikan bahwa untuk hari-hari besar tolong jangan suka memainkan harga tiket," kata Anggota Komisi V DPR RI Sri Wahyuni di sela rapat dengan Kementerian Perhubungan di Senayan, kemarin.

Baca Juga: DPR Dorong Pemberitaan Lebih Cepat dan Akurat 

Baca Juga: DPR Minta Tindak Tegas Penjualan Daring Ilegal Obat dan Vitamin 

Legislator dari Fraksi Nasdem ini meminta pemerintah dan stakeholder terkait harus memberikan perhatian khusus terhadap persoalan stabilitas harga tiket di masa libu Nataru. "Nanti pada kesempatan rapat dengan pihak-pihak terkait, mengenai tiket nanti akan kami sampaikan lagi hal itu ya," tegasnya.

Terkait hal ini, Wakil Ketua Komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan Aras mengungkapkan, sudah ada aturan ambang harga tertinggi dan terbawah untuk tiket pesawat, karenanya Kementerian Perhubungan diharap untuk optimal mengawasi kinerja maskapai.

Baca Juga: Resmi Dijual, Segini Harga Tiket Nonton Formula E Jakarta 

Baca Juga: Apresiasi Pembukaan Rute Baru Penerbangan Garuda di Papua, Senator: Tapi kalau Bisa Tiketnya Jangan Terlalu Mahal 

Politisi yang akrab disapa AIA tersebut menyatakan bila pihaknya akan terus melakukan pengawasan pada pemerintah menjelang nataru. Selain itu, AIA juga menyebut perlu disiapkan juga sanksi kepada oknum yang mengambil keuntungan pribadi.

"Untuk sanksi ini tentu sesuai dengan aturan yang sudah diterapkan walaupun kemudian naiknya harga avtur ini dari pihak kemenhub sudah memberikan relaksasi dalam hal tersebut," pungkasnya.***