PANGKALAN KERINCI – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Pelalawan mengingatkan masyarakat bahwa memastikan memiliki hak pilih dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 sangat penting untuk menentukan masa depan bangsa.

Oleh karena itu, Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kabupaten Pelalawan mengimbau warga untuk memastikan diri sudah menjalani Pencocokan dan Penelitian (Coklit) oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih).

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPC PDI Perjuangan Kabupaten Pelalawan, Carles, SSos, Sabtu (4/3/2023) mengatakan, bahwa masyarakat perlu menerima kedatangan petugas Pantarlih di rumah mereka dan menyiapkan data yang diperlukan seperti Kartu Keluarga (KK) dan KTP Elektronik.

"Dalam rangka mensukseskan Pemilu 2024, pastikan kita sudah dicoklit oleh petugas pantarlih, agar kita dipastikan masuk dalam daftar pemilih tetap," ujarnya.

Carles juga menginstruksikan seluruh pengurus dan kader partai untuk melaporkan kepada partai apakah sudah dilakukan coklit di wilayah masing-masing oleh petugas Pantarlih atau belum.

"Pemutakhiran data pemilih sangatlah penting, tentunya ini harus dikawal untuk kesuksesan Pemilu 2024 mendatang," jelasnya.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pelalawan mengatakan, saat ini mereka tengah fokus melakukan proses coklit. Pendataan langsung ke masyarakat dilakukan untuk mendapatkan data pemilih yang akurat. Terdapat sebanyak 1.036 petugas Pantarlih yang tersebar di 118 desa dan kelurahan di Kabupaten Pelalawan. Petugas Pantarlih melakukan coklit sejak 14 Februari dan akan berakhir hingga 12 Meret 2023.

Carles yang juga merupakan Ketua Komisi III DPRD Pelalawan mengingatkan bahwa memiliki hak pilih merupakan tanggung jawab setiap warga negara. Oleh karena itu, ia berharap masyarakat dapat memanfaatkan hak pilihnya dengan baik pada Pemilu 2024 mendatang. ***