BAGANSIAPIAPI - Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong melantik empat Penjabat sementara Datuk Penghulu dan anggota Badan Permusyawaratan Kepenghuluan (BPKep) di tiga Kepenghuluan di Kecamatan Bagansinembah, Kamis (2/3/2023) dihalaman kantor Camat Bagansinembah. Acara pelantikan dihadiri oleh Dinas Sosial Riau, anggota DPRD Rohil Dapil IV, kepala OPD, asisten, camat Bagansinembah, Upika Bagansinembah, OKP, ormas, PKK, serta tokoh masyarakat dan tokoh pemuda.

Menurut Bupati Rohil Afrizal Sintong, penjabat yang dilantik mampu menjalankan tugasnya dengan amanah dan mampu memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat di desanya masing-masing. Bupati mengungkapkan bahwa Penghulu dan BPKep adalah tangan kiri dan kanan selaku perpanjangan tangan pemerintah daerah. Oleh karena itu, mereka harus bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat.

"Penghulu dan BPKep harus jalan, saya berharap tidak ada yang jalan masing-masing. Mari bersama pemerintah daerah berikan yang terbaik bagi masyarakat," pinta Bupati.

Selain melantik Penghulu dan BPKep, Bupati Rohil juga melakukan penyerahan bantuan Atensi dari Kemensos RI melalui sentra Abseka Pekanbaru sebesar Rp 192 juta berupa sembako, kursi roda nutrisi, kaki palsu, tongkat kaki dan lainnya kepada masyarakat. Ini menunjukkan bahwa Pemerintah Kabupaten Rohil peduli terhadap kesejahteraan masyarakatnya. 

GoRiau

Untuk memberikan pelayanan yang baik dan maksimal kepada masyarakat, Pemerintah Kabupaten Rohil tahun 2023 ini juga telah menggarkan untuk menaikkan gaji RT RW sebesar 150ribu serta menaikkan gaji perangkat desa. Bupati Rohil mengungkapkan bahwa gaji RT RW telah naik sejak Januari 2023 dan ini telah menghabiskan dana sebesar 18 miliar setahun. Namun, jika pendapatan APBD Rohil meningkat lagi, gaji RT RW akan naik lagi.

Bupati juga menegaskan bahwa Pemkab Rohil saat ini sedang berupaya agar seluruh tenaga honorer yang ada di Rohil bisa diangkat menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K). Sehingga, seluruh pelayanan publik di pemerintahan akan semakin baik bagi masyarakat.

"Kami Pemkab Rohil terus bekerja supaya APBD kita terus meningkat dengan mencari pendapatan pajak dari sektor lainnya bagaimana supaya 2024 APBD Rohil mencapai 2,5 triliun. Sehingga kita mampu menggaji seluruh P3K yang diangkat," jelas Bupati.

Dengan meningkatkan pendapatan APBD Rohil, Pemerintah Kabupaten Rohil berharap bisa memberikan pelayanan yang lebih baik bagi masyarakat. Semua ini dilakukan sebagai bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten Rohil untuk terus memperbaiki kualitas hidup masyarakat di wilayahnya.

Pelantikan Pj Penghulu dan BPKep serta penyerahan bantuan Atensi dari Kemensos RI merupakan bukti nyata bahwa Pemerintah Kabupaten Rohil peduli terhadap kesejahteraan masyarakatnya. Semoga dengan semakin baiknya pelayanan publik di pemerintahan, masyarakat Rohil bisa merasakan manfaat dari pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah setempat. ***