PEKANBARU - Dosen Program Studi Magister Ilmu Lingkungan  Sekolah Pasca Sarjana Universitas Lancang Kuning (Unilak) kembali melaksanakan pengabdian masyarakat. Kali ini kepada siswa-siswi SMA 1 Minas Kabupaten Siak, pada 15 Desember 2022. Pengabdian masyarakat dilaksanakan di Bank Sampah Unilak.

Pengabdian masyarakat ini diketuai oleh Dr Rina Novia Yanti, yang sekaligus bertindak sebagai Ketua Program Studi Magister Ilmu Lingkungan, Marta Dinata MSi. dosen sekaligus sebagai sekretaris Program Studi Magiter  Ilmu Lingkungan dan Dr M.Rawa El Amady, dosen di Prodi Magister Ilmu Lingkungan.

Siswa-siswi dan guru SMA 1 diundang untuk hadir di Bank Sampah Unilak untuk melihat langsung keberadaan bank sampah untuk menjadi pedoman pembentukan bank sampah di SMA I Minas. Hadir pada kegiatan ini 14 orang siswa-siswi yang merupakan pengurus OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah), Rohis (Rohani Islam) dan Ketua-ketua kelas 10 dan 11. Para siswa ini didampingi 5 orang guru dan kepala sekolah.

Kegiatan pada program ini, siswa -siswa dan guru diundang dengan mobil Unilak ke Bank Sampah Unilak, kemudian dilanjutkan kata sambutan dari Dr Rina Novia Yanti sebagai Ketua program, kemudian kata sambutan dari Kepala Sekolah. 

Ketua Program Pengabdian Dr. Rina Novia Yanti dalam sambutannya menyampaikan, program ini laksanakan untuk mengembangkan bank sampah di sekolah-sekolah. Tahap awal para siswa diundang untuk melihat langsung bank sampah yang ada di Unilak, sosialisasi dan penjelasan tentang pelaksanaan bank sampah. Setelah itu, pengabdian akan dilanjutkan dengan pendampingan hingga program Bank Sampah SMA 1 Minas terealisasi dan berjalan dengan baik. Oleh sebab itu, tema pada program ini adalah “Pengelolaan Sampah di SMA N 1 Minas berbasis Bank Sampah”.

Dr Rina Novianti menyampaikan pula bahwa kegiatan pengabdian masyarakat adalah kegiatan rutin Sekolah Pascasarjana setiap semester dengan tema yang berbeda setiap semesternya.

‘’Kegiatan sosialisasi bank sampah merupakan salah satu solusi yang bisa dilakukan oleh kelompok masyarakat dalam menanggulangi sampah disamping memanfaatan lain dari sampah dijadikan pupuk kompos, eco enzim dan melakukan 3 R (Reduse, Reuse, Recycle),’’ ungkap Rina disela kegiatan sosialisasi.

Rina juga menambahkan bahwa menabung sampah di bank sampah melatih siswa siswi untuk memilah sampah di rumah yaitu memisahkan sampah organik dan unorganik. Sampah organik seperti sisa makanan, sampah daun bisa diolah menjadi kompos dan sisa kulit buah, sayur segar dimanfatkan sebagai bahan eco enzim.

Rina Novia Yanti juga menjelaskan pentingan kehadiran bank sampah di sekolah, kemudian dilanjutkan penjelasan dari pihak pengelola Bank Sampah Unilak, Sri Utami.

Kemudian tanya jawab yang diikuti door prize. Setelah itu para siswa melakukan observasi ke seluruh aktivitas yang di bank sampah Unilak di damping oleh pengurus bank sampah Unilak.

Kepala Sekolah SMA 1 Minas Ibu Nami Listyawati, S.Pd., M.Si dalam kata sambutanya menyampaikan terima kasih banyak telah mengundang SMA 1 Minas sebagai upaya awal untuk memperkenalkan bank sampah. ***