PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau pada tahun 2020 telah mengalokasikan anggaran beasiswa untuk 7.552 orang.

Alokasi ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi besar terhadap upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM).

Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution mengungkapkan, bahwa jumlah kuota sebanyak 7.552 orang tersebut akan diberikan untuk mahasiswa yang menempuh pendidikan di perguruan tinggi yang berada di dalam maupun luar provinsi.

"Dari total 7.552, sebanyak 3.776 kuota diperuntukkan bagi mahasiswa yang sedang menuntut ilmu di perguruan tinggi dalam Provinsi Riau dan 3.776 orang diperuntukkan bagi mahasiswa yang sedang menuntut ilmu di Perguruan Tinggi luar Provinsi Riau," kata Edy saat membuka pelaksanan pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru (PKKMB) di Universitas Riau (Unri), Senin (5/8/2019).

Dikatakannya, pemberian beasiswa ini dilakukan untuk mendorong agar SDM berkualitas yang memiliki daya saing dapat segera terwujud di daerah.

Menurutnya, hal ini sejalan dengan visi pemerintah tahun 2019-2024 yakni terwujudnya Riau yang berdaya saing, sejahtera, bermartabat dan unggul di Indonesia.

Tidak hanya itu, dijelaskannya, persaingan mendapatkan pekerjaan akan semakin ketat seiring datangnya revolusi industri 4.0, dan sebagai pencetak SDM, perguruan tinggi diharapkan dapat memberikan kontribusi besar terhadap upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia.

"Upaya pembukaan lapangan pekerjaan seluas-luasnya hingga kini terus diupayakan oleh pemerintah," tambahnya.

Walaupun demikian hal ini juga harus didukung dengan kompetensi lulusan kampus yang berdaya saing global, keahlian para sarjana harus sesuai dengan kebutuhan dunia usaha dan industri.

Dikhawatirkan, jika tidak memiliki kompetensi berdaya saing global, maka para lulusan perguruan tinggi akan terseleksi dengan sendirinya. ***