PEKANBARU - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN akhirnya resmi menunjuk lima orang tim formatur untuk menyusun kepengurusan DPW PAN Riau periode 2020-2025 dibawah kepemimpinan Bupati Siak, Alfedri.

Salah seorang anggota tim formatur, T Zulmizan Assegaf mengatakan, pihaknya akan segera bekerja dan akan berusaha menyelesaikan tugasnya sesegera mungkin. Targetnya, pembentukan pengurus baru bisa dirampungkan dalam waktu kurang dari satu bulan. 

"Mudah-mudahan lancar dan target waktu sesuai harapan. Saat ini kami sedang menunggu arahan dari Saudaraku Alfedri selaku Ketua Formatur dan Ketua DPW PAN Riau Terpilih untuk menetapkan rencana kerja, tahapan dan pengisian personal," ujar Zulmizan, Kamis (31/12/2020).

Pasca Muswil, lanjut Zulmizan, Alfedri masih sibuk dalam tugasnya sebagai Bupati di Siak, mengingat saat ini sedang suasana penghujung tahun, tentu banyak yang harus dia selesaikan dulu.

"Selain target waktu, sebagai formatur kami juga berharap akan berhasil menyusun kepengurusan yang berkualitas, solid dan tangguh untuk menyukseskan kepemimpinan saudaraku Alfedri agar mampu membawa PAN Riau lebih besar dan berjaya ke dalam kompetisi yang lebih keras dan ketat ke depan," tuturnya.

Menurut Zulmizan yang juga adalah Ketua SC Muswil, dapat dipastikan bahwa struktur kepengurusan DPW PAN Riau periode mendatang akan lebih ramping, yaitu hanya sekitar 35 orang dimana 30 persen di antaranya berjenis kelamin perempuan. 

Hal tersebut diatur dalam AD/ ART PAN hasil Kongres V Kendari. Biasanya DPW PAN lumayan gemuk, sampai 100 orang. Tapi itu pengurus harian, tetap bisa ditambah di pengurus pleno pada bidang-bidang sesuai kebutuhan organisasi.

Sebagaimana diketahui, forum Muswil yang dipimpin langsung oleh Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dari Jakarta telah secara aklamasi menyepakati Alfedri kader PAN yang juga adalah Bupati Siak sebagai Ketua DPW PAN Riau periode 2020 - 2025 menggantikan Irwan Nasir, Bupati Kepulauan Meranti. 

Bersama Alfedri, dalam forum Muswil Ketua Umum PAN juga menunjuk lima formatur, yaitu T. Zulmizan F. Assagaff  (Sekretaris DPW PAN Riau Demisioner), Sahidin (Ketua DPD PAN Kampar), Nofrizal (Ketua DPD PAN Pekanbaru), Komperensi (Ketua DPD Kuantansingingi) dan Indra Yudi (Pengurus DPW PAN Riau). 

Selain itu juga forum Muswil juga mengangkat Ketua DPW PAN Riau Demisioner Irwan Nasir sebagai Ketua MPPW (Majelis Penasehat Partai Wilayah) dan Djuharman Arifin sebagai Ketua MKPW (Majelis Kehormatan Partai Wilayah) PAN Provinsi Riau.

Alfedri saat ini masih menjabat sebagai Ketua DPD PAN Kabupaten Siak. 

Proses pemilihan yang dipimpin langsung Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan didampingi jajaran pengurus secara virtual dari Jakarta berlangsung cepat. 

Ketua umum langsung meminta persetujuan forum untuk menyepakati Alfedri dipilih secara musyawarah mufakat sebagai Ketua DPW PAN Riau. 

Keputusan tersebut disambut gembira selururih peserta dan peninjau Muswil yang berjumlah sekitar 250 orang, baik yang hadir langsung maupun yang hadir virtual.

''Saudaraku Alfedri kita pilih sebagai Ketua DPW PAN Riau periode 2020-2025 sekaligus Ketua Formatur. Semua sepakat?,' tanya Zulkifli yang diamini seluruh peserta Muswil.

Muswil PAN VI Riau turut dihadiri Sekjen DPP PAN (Wakil Ketua Komisi VII DPR RI) Eddy Soeparno, Ketua POK DPP PAN Ahmad Mumtaz Rais, Plh. Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh P Daulai, Wakil Ketua Komisi III DPR RI Pangeran Khairul Saleh, Wakil Sekjen Irvan Herman, Anggota Fraksi PAN DPR RI Jon Erizal, Asisten 1 Setda Provinsi Riau Jendri Salmon Ginting, Ketua Pimpinan WIlayah Muhammadiyah Provinsi Riau Dr H Saidul Amin, MA, serta Anggota DPD RI Dharma Setiapan dan Edwin Pratama Putra.

Usai terpilih, Alfedri mengucapkan terima kasih kepada Ketua Umum DPP PAN beserta peserta Muswil yang sudah memberikannya amanah sebagai Ketua DPW PAN Riau. Kedepan bersama formatur dirinya akan memilih kader yang siap berjuang membesarkan PAN Riau untuk lima tahun ke depan.

''Alhamdulillah terima kasih atas amanah ini, mari sama-sama kita berkomitmen untuk berjuang bersama, selalu kompak untuk membesarkan PAN,'' ucap Alfedri.***