PEKANBARU - Tegasnya aparat keamanan menertibkan setiap perayaan malam tahun baru di Pekanbaru, membuat sejumlah masyarakat di luar Pekanbaru enggan merayakan malam pergantian tahun baru ini di Pekanbaru.

Sejumlah masyarakat di Kota Duri memilih merayakan malam pergantian tahun baru dengan acara kecil-kecilan di rumah, sembari berkumpul bersama sanak saudara dan tetangga yang pulang ke Duri.

Salah seorang warga Duri, Edy, mengaku dirinya hanya merayakan malam pergantian tahun baru dengan acara bakar ayam dan jagung bersama tetangganya.

"Biasanya kalau malam tahun baru saya ngumpul sama kawan-kawan di kost Pekanbaru, tapi tahun sepertinya saya di Duri saja, saya sudah lama di Duri ini karena kuliah online,” kata mahasiswa salah satu universitas di Pekanbaru ini, Kamis (31/12/2020).

Diakui Edy, dirinya memang sempat merencanakan berkumpul bersama teman-temannya di Pekanbaru, namun dirinya mendapati kabar bahwa di Pekanbaru akan dilakukan penutupan akses jalan dan larangan perayaan tahun baru.

"Ya mending di Duri aja, kalau di Pekanbaru pasti macet-macetan, disini kita ngumpul sama tetangga saja," tambahnya.

Sementara itu, warga Pekanbaru, Eki menyampaikan hal yang sama. Dia mengisi malam pergantian tahun baru ini dengan pulang ke Duri karena ingin berkumpul bersama keluarganya di Duri.

Berbeda dengan Edy, Eki tidak merayakan dengan bakar-bakaran ayam, namun hanya pulang sebentar karena libur panjang, mengingat dirinya sudah lama tidak pulang ke Duri.

"Tadi saya waktu mau ke Jalan Tol saja macetnya minta ampun, karena sana sini jalanan ditutup, saya mesti muter-muter dulu, baru bisa sampai ke Rumbai," tuturnya.

"Saya memilih merayakan tahun baru di Duri karena ini juga libur panjang, saya sempatkan dulu dua hari disini untuk berjumpa dengan keluarga," pungkasnya.

Pantauan GoRiau.com, selain menutup akses jalan, pihak kepolisian melalui mobil Pemburu Teking juga berkeliling di Jalan Protokol Pekanbaru guna mengimbau kepada seluruh masyarakat supaya tidak merayakan malam tahun baru dengan membuat kerumunan.

GoRiau Mobil Pemburu Teking saat berp
Mobil Pemburu Teking saat berpatroli di Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru.

Hal ini lantas membuat sejumlah masyarakat yang tengah berkumpul langsung membubarkan diri.

Sementara itu, lalulintas ke Pekanbaru via jalan tol terpantau sepi. Hanya beberapa kendaraan saja yang melintas menuju ke arah Pekanbaru.

GoRiau Jalanan Tol Pekanbaru - Dumai
Jalanan Tol Pekanbaru - Dumai sepi di malam pergantian tahun baru.

Sebelumnya, Anggota DPRD Riau Dapil Kota Pekanbaru, Parisman Ihwan mengimbau masyarakat Riau khususnya Kota Pekanbaru untuk tidak merayakan pergantian malam tahun baru dengan membuat kerumunan.

Wali Kota Pekanbaru Firdaus MT, sendiri sudah menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 86 tahun 2020 yang salah satu isinya melarang warganya membuat kegiatan keramaian saat malam tahun baru, guna menghindari penularan dan munculnya kluster baru Covid-19.***