PANGKALAN KERINCI - Dinas Sosial (Dissos) Kabupaten Pelalawan akan melakulan verifikasi dan validasi data keluarga penerima manfaat (KPM) untuk program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Pendataan ulang akan dilakukan untuk mendapatkan data riil keluarga penerima manfaat di Kabupaten Pelalawan. Saat ini, tercatat sebanyak 11.572 keluarga penerima manfaat.

"Data ini akan kita validasi," kata Kepala Dissos Kabupaten Pelalawan, Tengku Mukhtaruddin.

Dia menjelaskan, validasi data dilakuka untuk menjaring data KPM yang telah meninggal dunia, pindah tempat dan telah mampu. Sehingga dapat diperoleh data riil di lapangan.

"Setelah kita mendapatkan data, kemudian data itu akan kita kirim ke Kementrian Sosial (Kensos), karena memang SK oleh menteri," jelas Muhktaruddin, kemarin.

Bupati Pelalawan, HM Harris mengingatkan dinas terkait agar segera memverifikasi dan validasi data keluarga penerima manfaat program BPNT di Pelalawan.

"Soal validasi data kemiskinan, semua harus memperhitungkan sebab akibat. Jangan karena niat baik, kita yang mendapat resiko, administrasi harus jelas. Jangan yang naik motor dapat, sedangkan yang jalan kaki tak dapat," katanya, kepada GoRiau.*