PEKANBARU - Panitia Acara Diskusi Publikasi Rumpun Mahasiswa Indragiri Hulu (Rumah Inhu) memastikan diskusi seputar pembangunan Inhu yang akan diselenggarakan pada Jumat mendatang bersih dari 'titipan' politik

Steering Committe (SC), Rinop Indra Putra menegaskan, forum yang akan disajikan oleh panitia adalah forum tempat para intelektual mengeluarkan pendapatnya tanpa ada titipan politik dari pihak manapun.

“Kami sediakan forum kepada para pemerhati dan pengamat agar berdialog secara cerdas, dan berdampak lahirnya solusi untuk nasib Inhu lima tahun mendatang dengan fakta-fakta yang ada saat ini,” ujar Rinop kepada GoRiau.com, Rabu (26/8/2020).

Untuk diketahui, muncul isu bahwa ada aktor politik menunggangi diskusi ini mengingat narasumber yang dihadirkan bakal terlibat dalam Pilkada Inhu 2020 mendatang.  

Acara ini, lanjutnya, murni atas gagasan dan pikiran Mahasiswa asal Indragiri se-Indonesia yang mengaku prihatin akan kondisi Indragiri Hulu hari ini. Sehingga, momen Pilkada akan dijadikan momen membuka mata semua orang.

Apalagi, forum ini dipastikan akan menghadirkan langsung pemegang kebijakan tertinggi di Indragiri Hulu, yakni Bupati Inhu Yopi Arianto. Kepastian ini didapat setelah panitia meminta langsung kesediaan waktu Yopi.

"Dengan kehadiran Bupati, kita bisa bertanya langsung apa yang sudah dilakukan pemerintah terhadap Inhu selama 2 periode ini. Nanti juga akan ada anggota DPRD Inhu dan DPRD Riau Dapil Inhu, serta tokoh masyarakat lain," tuturnya.

Narasumber, lanjut Rinop, akan berbicara dengan data valid serta bisa dipertanggungjawabkan. Dengan data tersebut, nanti akan tercipta diskusi yang tentunya masing-masing memiliki data pembanding sendiri.

"Kita semua berharap forum ini mengeluarkan output berupa visi dan misi para Bakal Calon yang akan maju di Pilkada. Ini merupakan sumbangsih kami sebagai mahasiswa Inhu di rantau untuk kampung kami," tutup mahasiswa yang tengah mengenyam pendidikan di Jogjakarta ini. 

Sebelumnya diberitakan, Rumpun Mahasiswa Kabupaten Indragiri Hulu akan menggelar diskusi publik beremakan "Refleksi Kepemimpinan Inhu ke Belakang dan Menerka Arah Pembangunan Inhu di Masa Depan" dengan menghadirkan narasumber yang bersangkutan langsung.

Ketua Penyelenggara, Ilham Permana mengatakan, kegiatan ini nantinya akan berjalan dengan skema diskusi, yang mana kegiatan ini bertujuan untuk membuka ruang diskusi baik dari Tokoh Masyarakat, Akademisi, DPRD, Pemerintah, Forkopimda dan Mahasiswa Inhu.

Apalagi di tahun 2020 ini, Inhu akan menjalani Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada). Sehingga masyarakat diharapkan bisa proaktif dalam menentukan siapa yang layak memimpin Inhu lima tahun mendatang.***